Xpander dan Ertiga Bersaing Ketat di GIIAS, Siapa Paling Laku?

Oleh Nazarudin Ray pada 16 Agu 2018, 11:15 WIB
Diperbarui 16 Agu 2018, 11:15 WIB
Foto by Nazarudin Ray
Foto by Nazarudin Ray

Otosia.com Pameran akbar otomotif GIIAS yang dihelat setiap tahun menjadi ajang berburu mobil-mobil baru. Kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) adalah jenis kendaraan yang paling banyak diincar pengunjung GIIAS.

Di segmen low MPV, sejumlah merek bersaing keras merebut hati pengunjung dengan promo dan ‘kosmetik’ yang menggoda. Tercatat diantaranya ada Avanza, Xenia, Wuling Confero, All New Ertiga dan Xpander.

Dua nama low MPV terakhir nampaknya sejak GIIAS tahun lalu hingga penyelenggaraan di 2018 lebih banyak mendulang pemesanan ketimbang yang lain. Mitsubishi Xpander dan Ertiga bersaing ketat memperoleh angka-angka jualan selama GIIAS.

Untuk GIIAS tahun ini, perolehan Xpander jauh mengungguli All New Ertiga. Selama pameran Xpander terjual 2.689 unit, sementara Ertiga hanya membukukan angka pemesanan 659 unit.

“Setelah satu tahun diperkenalkan di Indonesia, Xpander terbukti tetap memiliki tempat spesial di hati para konsumen kami, dan melebihi target penjualan yang ditetapkan untuk GIIAS,” ujar Kyoya Kondo Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI)

Keduanya menjadi penyumbang terbesar penjualan di masing-masing merek. Mitsubishi sendiri meraih angka pemesanan 3.500 unit selama GIIAS 2018 berlangsung, dimana Xpander menyumbangkan 60 persen penjualan total Mitsubishi.

Suzuki sendiri secara total menjual 2.223 unit dengan Ertiga sebagai bintangnya. Angka yang dicapai Ertiga mengungguli salah satu bintang Suzuki lainnya, yakni Ignis. Membidik anak-anak muda, pemesanan Ignis di GIIAS sebanyak 447 unit.

Menyusul All New Ertiga dan Ignis, pesona Baleno hatchback yang diluncurkan pada gelaran GIIAS 2017 masih terasa hingga mencapai jumlah penjualan 388 unit.

Sejak pertama diluncurkan di GIIAS tahun lalu, Xpander sudah terjual 80 ribu unit, dimana 60.000 unit diantaranya sudah dikirimkan kepada konsumen per 29 Juli 2018. Pada periode Januari – Juni 2018 angka wholesales Xpander mencapai 39.948 unit, dengan penguasaan pangsa pasar small-MPV sebesar 29,7 persen.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/nzr/ahm)
Berita Terkini Selengkapnya