Gara-gara Komponen Sepele, Ribuan Moge Yamaha Kena Recall

Oleh Redaksi Otosia pada 10 Agu 2018, 13:45 WIB
Diperbarui 10 Agu 2018, 13:45 WIB
Foto: Moto-station.com
Foto: Moto-station.com

Otosia.com Yamaha melakukan recall pada dua produk motor gede (moge) keluarannya di Amerika Serikat, yaitu Yamaha MT-07 dan Yamaha XSR-700. Keduanya harus kembali ke pabrik lantaran komponen sepele, chain-guard atau pelindung rantai.

Yamaha XSR-700

Mengutip dari Motorcycle.com, setidaknya ada 3.493 unit di negeri Paman Sam yang terkena recall. Untungnya, Yamaha FZ-07, generasi terdahulu dari Yamaha MT-07 tidak terkena kasus yang sama meski memiliki desain swingarm serupa.

Yamaha MT-07

Menurut sumber yang sama, National Highway Traffic Safety Administration menyatakan bahwa baut yang menahan chain-guard dapat kendur dengan sendirinya karena terkena getaran, terlebih ketika melibas jalanan rusak. Bahkan, baut tersebut bisa terlepas sehingga chain-guard berpotensi merusak rantai.

Chain-guard Yamaha MT-07

Terkait hal tersebut, Yamaha Motor Corp. USA sudah diperingatkan oleh induknya di Jepang pada 9 Juli 2018 lalu. Permasalahan ini pertama kali diketahui saat dilakukan quality control dan percobaan pada beberapa model yang didatangkan langsung dari Jepang.

Dengan demikian, pihak pabrikan akan mengganti chain-guard dan melakukan perbaikan pada swing-arm pada beberapa model yang terkena recall.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini
 (kpl/crn)
Berita Terkini Selengkapnya