Motor Sekarang Tanpa Kick Starter, Kalau Mogok Bagaimana?

Oleh Redaksi Otosia pada 07 Agu 2018, 12:15 WIB
Diperbarui 07 Agu 2018, 12:15 WIB
Ilustrasi: Ch.webike.net
Ilustrasi: Ch.webike.net

Otosia.com Tak sedikit motor yang dirilis beberapa tahun ke belakang ternyata tidak dilengkapi dengan kick-starter. Sebut saja, Honda Vario 150, Kawasaki W175, Yamaha Nmax, dan Honda PCX, hanya bisa dinyalakan dengan electric-starter.

Hal ini akhirnya menimbulkan pertanyaan, seandainya motor tidak mau menyala, bisa jadi karena aki, solusinya bagaimana?

"Kalau motor tanpa kick-starter mogok, solusinya hanya satu, kayak mobil, jumper," ujar Amar, pemilik AHASS Asia Motor, di acara Vario Goes to Campus Sabtu, 4 Agustus 2018 lalu, di Cafe Legend, Malang.

Jumper aki sebenarnya cukup lumrah untuk mengatasi mobil mogok akibat aki bermasalah. Caranya ialah menghubungkan aki yang rusak dengan aki sehat menggunakan kabel. Mudahnya, kabel menghubungkan sesama kutub positif aki dan negatifnya.

Jika cara tersebut tidak bisa, solusinya hanyalah menyetrum ulang atau bahkan mengganti aki yang bermasalah tersebut.

Sebenarnya, ada solusi lain, dengan menggunakan engine-brake. Artinya, motor didorong terlebih dahulu sampai melaju cukup kencang, kemudian dimasukkan ke gear-2.
Namun, hal ini tidak bisa dilakukan pada motor matic. Pasalnya, pada skutik, menurut Amar, engine-brake baru bisa berfungsi ketika putaran mesin berada di atas 2.000 rpm.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/crn)
Berita Terkini Selengkapnya