Trik Melewati Sungai Pakai Mobil Offroad Standar Agar Tetap Selamat

Oleh Muhammad Hafid pada 17 Jul 2018, 10:45 WIB
Diperbarui 17 Jul 2018, 10:45 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Otosia.com Melewati genangan air seperti sungai bagi mobil offroad seperti Land Rover bukanlah sebuah hal yang sulit. Mobil dengan spesifikasi offroad memang didesain agar bisa melewati medan seperti ini.

Namun, bukan berarti Anda bisa sembarangan ketika melewati genangan air ketika menggunakan mobil offroad. Perlu adanya perhitungan yang cukup baik agar keselamatan tetap terjaga. Menurut instruktur Land Rover dari Taiwan yang ditemui Otosia saat acara The Above and Beyond Tour di Tangerang beberapa waktu lalu, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan baik sebelum masuk genangan air maupun saat melewati khususnya untuk mobil offroad standar.

Yang pertama adalah memeriksa kedalaman air. Pengendara perlu turun dari mobil atau mencoba berjalan kaki melewati genangan tersebut. Cara ini mengizinkan pengendara mengetahui area mana saja yang memugkinkan untuk dilewati kendaraan offroad. Akan tetapi, apabila genangan air seperti sungai itu memiliki arus yang cukup kuat, sebaiknya Anda berhati-hati atau mengurungkan niat tersebut.

Setelah mengetahui kedalaman, menggerakkan kendaraan secara perlahan-lahan sangatlah penting. Sering ada anggapan untuk melewati genangan, mobil harus dikemudikan sekencang-kencangnya. Padahal hal ini salah.

"Kalau mobilnya dikemudikan cukup kencang, air akan naik ke kap mesin lalu ke kaca depan. Pandanga jadi terhalang," jelasnya.

Di samping itu risiko mesin kemasukan air bisa saja terjadi apabila mobil offroad yang digunakan masih standar. Pasalnya saluran hisap udara mobil offroad standar seperti Land Rover masih berada di balik kap mesin. Akan berbeda apabila mobil tersebut sudah dimodifikasi menggunakan snorkel. Jika sudah begini, mobil berisiko mogok di tengah situasi yang cukup berbahaya.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/fid/crn)
Berita Terkini Selengkapnya