Aktifkan Cruise Control Makin Rentan Terkena Hydroplanning, Begini Cara Hindarinya

Oleh Redaksi Otosia pada 07 Jul 2018, 20:45 WIB
Diperbarui 07 Jul 2018, 20:45 WIB
Foto by istimewa
Foto by istimewa

Otosia.com Masih ingat soal hydroplanning? Yap, kondisi itu saat ban kehilangan traksi karena melindas air alam kondisi yang tidak tepat.

Hydroplanning bisa terjadi pada semua mobil. Namun ada beberapa hal seperti bobot mobil yang berpotensi kecil mengalami hal ini.

Yakni mobil dengan bobot yang cukup berat dan ban yang cukup lebar, srta tapak ban yang masih normal. Hal lainnya adalah berkendara dengan mengaktifkan cruise control akan lebih rentan terkena efk hydroplanning.

Sebab cruise control berfungsi untuk menjaga kecepatan tetap stabil. Saat dirasa kecepatan menurun atau akan bertambah, fitur ini kan menambah gas atau mengerem edngan sendirnya.

Saat terjadi hydroplanning, kecepatan akan menurun dan komputer memerintahkan untuk berakselerasi secara otomatis. Efeknya? Ban makin kehilangan traksi.

Lalu, bagaimana agar terhindar dari hydroplanning?

Jaga kecepatan dan cek kondisi ban baik tekanan maupun kondisi tapaknya. Waspadai genangan air danmatikan cruise control saat cuaca hujan.

Jika memungkinkan pada jalan satu arah yang memiliki lebih dari satu lajur, hindari sisi jalan yang lebih rendah. Angkat kaki dari pedal gas saat terasa mobil menjadi aneh saat melewati genangan air.

Jangan injak rem dengan kras, karena bisa membuat ban semakin kehilangan grip. Terakhir pegang kuat-kuat lingkar kemudi, jangan bermanuver.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/tys)
Berita Terkini Selengkapnya