Mesin Datsun Cross Serupa Tapi Tak Sama Dengan Go+ Panca

Oleh Muhammad Hafid pada 03 Mei 2018, 17:45 WIB
Diperbarui 03 Mei 2018, 17:45 WIB
Foto by Datsun Indonesia
Foto by Datsun Indonesia

Otosia.com Datsun Cross yang meluncur pada bulan Januari lalu masih mempercayakan penggunaan mesin berkapasitas 1.200 cc. Mesin ini mirip dengan mesin Datsun Go+ Panca yang berkode HR12.

Meski begitu, menurut Manajer R&D Nissan Motor Indonesia, Anton Khristianto, terdapat perbedaan pada mesin Cross khususnya untuk yang bertransmisi Continuous Variable Transmission (CVT). Adapun perbedaannya terletak pada konstruksi. Di mana mesin Cross sudah disesuaikan dengan bentuk sistem Continuous Variable Transmission (CVT) terbaru.

Foto by Hafid

"Sama-sama HR12 tapi kita punya beberapa tipe HR12. Jadi yang cocok dikawinkan dengan CVT itu HR12 yang sekarang dipakai (Cross)," jelas Anton.

Di samping itu, mesin ini turut mendapatkan peningkatan tenaga khususnya yang bertransmisi CVT. Hal tersebut dikatakan Anton bertujuan menunjang performa penggunaan CVT.

"Torsi sama 104 Nm (manual dengan CVT). Tapi powernya yang CVT berbeda. Karena kombinasi CVT baru, meski mesin sama-sama HR12 tetapi disesuaikan dengan teknologi terbaru. Jadi naik 10 hp," tutup Anton.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/fid/tys)

Tag Terkait

Berita Terkini Selengkapnya