Ada Baterai Smartphone Dalam Porsche Cayenne Terbaru

Oleh Muhammad Hafid pada 11 Mar 2018, 15:00 WIB
Diperbarui 11 Mar 2018, 15:00 WIB
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

Otosia.com Generasi ketiga Porsche Cayenne dilengkapi fitur dan teknologi canggih untuk kenyamanan dan keselamatan pengendara. Insinyur Porsche pun bekerja keras untuk mencari sumber tenaga yang mampu menunjang fitur tersebut agar bekerja secara optimal.

Oleh karena itu, Cayenne terbaru mengusung aki berupa lithium-ion. Lantas apa kelebihannya?

"Salah satu kelebihan lithium ion battery. Baterai ini kan sama seperti di smartphone kita. Karena mobil ini menggunakan teknologi baru seperti lampu baru yang membutuhkan tenaga banyak sekali itu perlu baterai yang jauh lebih efisien daripada AGM atau acid battery," jelas Andrew, Marketing Manager Porsche Indonesia

Salah satu kelebihannya adalah masa pakai yang terbilang lebih panjang dari aki biasa. Selain itu, aki ini dapat dengan mudah diisi ulang cepat tanpa perlu melepaskannya dari mobil. Lantaran Cayenne telah dilengkapi konektor yang dapat dihubungkan dengan listrik rumah.

Penggunaan aki lithium-ion juga mereduksi bobot Cayenne hampir 10 kilogram. Meski terbilang kecil, namun hal ini berkontribusi pada pengurangan bobot secara total yang menjadikan berat Cayenne berada di bawah 2 ton.

Meski merupakan teknologi terkini, aki jenis ini memiliki tantangan tersendiri bagi Porsche. Pasalnya, aki lithium-ion tak bisa bisa dibuang sembarangan ketika masa pakainya habis atau mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, Porsche Indonesia telah menyiapkan ruangan tertutup khusus yang aman untuk menyimpan aki tersebut di Porsche Centre Jakarta.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/fid/crn)
Berita Terkini Selengkapnya