Beberapa Cara Ini Bikin Helm Kamu Tetap Awet

Oleh Redaksi Otosia pada 22 Feb 2018, 16:45 WIB
Diperbarui 22 Feb 2018, 16:45 WIB
Ilustrasi : gizmodo.com.au
Ilustrasi : gizmodo.com.au

Otosia.com Helm menjadi salah satu bagian penting saat mengendarai sepeda motor. Tak mustahil jika barang ini menjadi yang paling berharga untuk dijaga.

Namun, tak sedikit orang yang mengabaikan helmnya begitu saja tanpa melakukan perawatan sedikit pun. Hal ini berpotensi mengakibatkan helm berbau tidak sedap, busa mudah keras, dan kaca yang mengganggu penglihatan.

Simak beberapa penjelasan ini yang bisa membuat helm kamu tetap awet.

1. Jangan taruh di spion

Helm yang diletakkan di spion rawan untuk jatuh dan basah ketika turun hujan. Selain itu, busa bagian atas akan lebih cepay keras karena tekanan di area tersebut. Cobalah menaruh helm di jok belakang dengan cara menjepit tali pengaman di bawah jok. Jika motormu memiliki fasilitas helm-in atau box tambahan, lebih baik simpanlah di sana.

2. Gunakan helm saat rambut kering

Rambut yang basah dapat menimbulkan bau apek. Tak hanya itu, jamut bisa muncul di bagian dalam karena kondisi yang lembab. Jika terburu-buru, gunakanlah pelapis kepala sehingga rambut tak langsung bersentuhan dengan sisi dalam helm.

3. Perhatikan kaca helm

Kaca helm atau visor merupakan pelindung bagian wajah ketika berkendara. Jika bagian ini kusam, pasti penglihatan akan terganggu dan berpotensi menyebabkan kecelakaan. Sebaiknya bersihkan visor setelah berkendara melewati hujan. Zat asam yang terkandung dalam air hujan bisa menimbulkan jamur. Gantilah bagian ini jika dirasa sudah kusam.

4. Cuci secara berkala

Helm yang bersih tentu akan lebih nyaman digunakan ketika berkendara. Selain karena wangi, pada kondisi ini busa helm bisa kembali empuk seperti baru. Tak harus seminggu sekali, helm bisa dicuci paling tidak satu kali dalam dua bulan sesuai kebutuhan.

5. Gunakan secara personal

Lebih baik setiap orang memiliki helmnya masing-masing. Semakin banyak yang memakai, semakin banyak pula keringat dan kuman yang menempel di busa helm dan dapat menimbulkan bau apek.

Tidak sulit kok Otolovers. Dengan 5 cara mudah tadi, helm kesayangan kamu pasti bisa bertahan lama dan tetap nyaman digunakan.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/crn)

Tag Terkait

Berita Terkini Selengkapnya