Ubah Motornya Jadi Pemadam Kebakaran, Polisi ini Dipuji Jokowi

Oleh Redaksi Otosia pada 07 Feb 2018, 18:45 WIB
Diperbarui 07 Feb 2018, 18:45 WIB
Foto : bidhumaspoldakalsel.com
Foto : bidhumaspoldakalsel.com

Otosia.com Resah dengan kebakaran hutan yang kerap terjadi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Aipda M. Anang Rofiq memodifikasi sepeda motor tak terpakai di rumahnya menjadi sebuah kendaraan pemadam kebakaran.

Karena tindakan tersebut Presiden RI, Joko Widodo, mengapresiasi tindakan yang dilakukan polisi anggota Bhayangkara Pembina Kamtibmas di Banjarmasin dalam akun facebook pribadinya. Cerita ini diunggah oleh Jokowi pada Rabu, 7 Februari 2018.

Sepeda motor yang mampu mengatasi kebakaran hutan tersebut diberi nama Motal. Pada kendaraan roda dua ini terdapat tabung, pompa, dan selang air. Karena berbasis sepeda motor, kendaraan ini sangat efektif untuk mencapai titik-titik panas yang sulit dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran.

Presiden asal Solo itu menceritakan tindakan Aipda Anang sebagai contoh kecerdasan petugas di lapangan dalam kegiatan Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan tahun 2018 di Jakarta.

"Dengan kerja bersama, penanganan kebakaran hutan dan lahan ini memperoleh kemajuan yang sangat signifikan. Titik api kebakaran semakin jauh berkurang. Tahun 2015 ada 21.929 titik, tahun 2016 turun drastis menjadi 3.915 titik, dan tahun 2017 turun lagi menjadi 2.567 titik panas", tulis Jokowi.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/crn)
Berita Terkini Selengkapnya