Toyota Innova Disulap Jadi Mobil Pendeteksi Virus Corona (COVID-19)

Oleh Redaksi Otosia pada 21 Apr 2020, 17:45 WIB
Diperbarui 21 Apr 2020, 17:45 WIB
RSV-1 dari Toyota Innova (Cartoq)
RSV-1 dari Toyota Innova (Cartoq)

Otosia.com Banyak tenaga medis yang berguguran karena tertular virus Corona (COVID-19) saat sedang bertugas menyelamatkan pasien. Hal ini membuat ide-ide baru bermunculan untuk memutus rantai penularan.

Salah satunya yakni memeriksa pasien dengan pembatas, agar petugas medis tak turut terinfeksi. Baru-baru ini, pemerintah Kerala, India membuat mobil pemeriksa virus Corona menggunakan Toyota Innova.

Dilansir dari Cartoq, mobil yang dinamai Tiranga itu diluncurkan oleh nefara bagian Pathanamthitta untuk melakukan skrining cepat terhadap orang yang terinfeksi. Toyota Innova itu dimodifikasi hingga bisa menampung tiga petugas kesehatan.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/tys)

Next

Mobil itu dipakai berkelliling untuk mencari orang yang terinfeksi. Toyota Innova itu dibekali dengan pengeras suara (microphone dua arah) untuk berbicara dengan orang-orang, pasalnya saat memeriksa, petugas tetap berada di dalam mobil.

Selain itu, Toyota Innova itu bernama RSV-1 atay Rapid Screen Vehicle-1 itu dibekali dengan termometer inframerah untuk mendeteksi suhu tubuh orang. Mobil RSV-2 disebut akan segera diluncurkan, dan kini sedang diproduksi.

Petugas yang ada di dalma mobil akan memeriksa dan menyimpan rincian pemeriksaan. Hasil dari pemeriksaan menggunakan RSV-1 itu akan disampaikan ke Primary Health Centre (PHC)terdekat. Kemudian PHC yang bertanggung jawab untuk penanganan tindak lanjut bagi mereka yang memiliki gejala COVID-19.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya