Kolaborasi Transjakarta dan Scania Akan Ciptakan Bus Listrik

Oleh Redaksi Otosia pada 11 Mar 2020, 13:45 WIB
Diperbarui 11 Mar 2020, 13:45 WIB
Bus Transjakarta Scania (Otosia.com/ Cornelius Candra)
Bus Transjakarta Scania (Otosia.com/ Cornelius Candra)

Otosia.com PT United Tractors, distributor resmi bus Scania di Indonesia, terus bekerja sama dengan pemerintahan untuk memajukan moda transportasi umum. Mereka pun telah memasok unit yang digunakan oleh PT Transjakarta.

Kolaborasi antara PT United Tractors dengan Transjakarta pun terus melangkah maju. Bahkan, Direktur PT United Tractors Tbk, Loudy Irwanto Ellias, beberapa waktu lalu mengungkap kerjasama ini akan menghasilkan bus listrik.

"Kami telah bekerja sama dengan pemerintah DKI Jakarta dan Transjakarta untuk mempersiapkan bus listrik. Mereka juga harus menyiapkan infrastrukturnya (charging-station), karena bus kami menggunakan sistem opportunity charging, bukan overnight charging," ujar Loudy.

 

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/crn)

Next

Ia menjelaskan bahwa sistem opportunity charging adalah sistem pengisian daya yang berada di sejumlah titik jalur Transjakarta atau halte. Singkatnya, ketika bus berhenti untuk memuat atau menurunkan penumpang, baterai akan mengisi ulang secara otomatis.

Beberapa waktu lalu, Loudy menyebut opportunity charging ini memiliki keuntungan tersendiri. Pertama ialah ukuran baterai yang cenderung ringkas sehingga tidak mengurangi volume kabin bus Transjakarta.

Hanya saja, posisi socket-charger untuk opportunity charging berada di atap bus. Karena itu, mereka berharap pemerintah dan PT Transjakarta bisa menyiapkan infrastruktur tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya