Mengintip Segudang Teknologi Canggih Mercedes-Benz, Bisa Otomatis Berhenti

Oleh Redaksi Otosia pada 10 Mar 2020, 16:15 WIB
Diperbarui 10 Mar 2020, 16:15 WIB
Truk Mercedes-Benz (Otosia.com/ Cornelius Candra)
Truk Mercedes-Benz (Otosia.com/ Cornelius Candra)

Otosia.com Mercedes-Benz saat ini dikenal sebagai salah satu pabrikan mobil yang telah memiliki beragam fitur canggih. Ternyata, produsen asal Jerman itu juga menyematkannya pada kendaraan niaga mereka.

Pada gelaran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 yang digelar pekan lalu, Mercedes-Benz memamerkan beragam teknologi canggih yang disematkan pada salah satu truk mereka, yaitu Mercedes-Benz Actros.

 

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/crn)

Next

Pertama ialah Proximity Control Assist (PCA). Fitur ini mampu menjaga jarak antara truk dengan kendaraan di depan ketika pengemudi mengaktifkan cruise control.

Jarak truk dengan kendaraan depan pun bisa diatur sesuai dengan keinginan pengemudi, minimal 200 m. Fitur PCA ini pun dapat mengintervensi pengereman ketika kendaraan depan mengurangi kecepatannya.

Next

Selain itu, ada juga Attention Assist yang memonitor kondisi fisik pengemudi. Ketika sopir tidak melakukan manuver yang berarti selama 15 menit, komputer akan menganggap bahwa pengendara lelah.

Ketika keadaan itu terdeteksi, sistem akan langsung mengeluarkan peringatan berupa simbol tempat tidur di instrumen panel. Artinya, komputer menyarankan kepada sopir untuk beristirahat.

Next

Yang ketiga ialah Lane Keeping Assist (LKA). Fitur ini memberikan peringatan suara ketika truk sudah mulai keluar dari marka jalan yang ditentukan. Saat sopir menyalakan sein, sistem itu akan otomatis tidak beroperasi dan akan aktif kembali setelah sein dimatikan.

Sayangnya, fitur LKA pada truk belum secanggih pada kendaraan kecil. Padahal, teknologi ini sudah bisa membuat mobil penumpang melaju dan berbelok sesuai dengan marka jalan yang ada, tanpa pengemudi mengontrol setir.

Next

Kemudian hadir juga Active Brake Assist (ABA) 4. Teknologi tersebut tak hanya mengandalkan kamera untuk mendeteksi kondisi jalan, tapi juga radar dengan jangkauan hingga 250 m ke depan truk dan memiliki pemantau suhu.

Hadirnya fitur canggih ini membuat truk Mercedes-Benz bisa mengerem otomatis saat ada pejalan kaki yang tiba-tiba menyeberang. Hanya saja, fitur tersebut bisa beroperasi saat kendaran melaju dengan kecepatan di bawah 50 km/jam.

Next

Sideguard Assist pun turut disematkan perusahaan asal Negeri Bavaria tersebut. Sistem ini mampu mengurangi blind-spot atau titik buta sopir ketika mengemudi.

Cara kerjanya ialah melacak berbagai objek yang berada di sekitar truk. Komputer pun akan memprediksi aoakah objek tersebut akan bersentuhan dengan truk ketika menikung.

Next

Terakhir ialah Electronic Braking Sistem. Di dalamnya terdapat sistem pengereman ABS. Ada juga anti-slip regulation (ASR) yang berfungsi menyesuaikan kecepatan masing-masing roda ketika truk bermanuver.

Tak lupa, terpasang juga Electronic Stability Program (ESP). Fungsinya, ialah mencegah truk mengalami understeer atau pun oversteer, sehingga pengendaliannya menjadi lebih mudah.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya