Banjir Parah Landa Jabodetabek, Bagaimana dengan Pasokan BBM?

Oleh Nazarudin Ray pada 03 Jan 2020, 16:15 WIB
Diperbarui 03 Jan 2020, 16:15 WIB
SPBU (Otosia.com/Nazarudin Ray)
SPBU (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Otosia.com Beberapa wilayah di Jabodetabek dilanda banjir parah di awal tahun 2020 usai diguyur hujan ekstrem sepanjang hari. Akibatnya aktivitas masyarakat terganggu karena jalan-jalan yang tergenang air.

Banjir yang menutupi jalan sempat dikhawatirkan mengganggu distribusi pasokan BBM ke sejumlah SPBU, yang juga beberapa di antaranya turut terendam.

Namun Pertamina Marketing Operation Region III memastikan kondisi banjir besar yang melanda Jabodetabek tidak mengganggu pasokan BBM di wilayah Jabodetabek.

Hingga kemarin, Integrated terminal Jakarta di Plumpang sudah menyalurkan BBM lebih dari 6.000 Kilo liter dari total kebutuhan sekitar 10 ribu Kiloliter.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/nzr/ahm)

Beberapa SPBU Tak Beroperasi

Namun demikian dikarenakan alasan keamanan dan safety, ada beberapa SPBU yang tidak bisa beroperasi dikarenakan tergenang banjir.

“Dari 741 SPBU di Jabodetabek terdapat 14 SPBU yang belum dapat beroperasional sementara karena alasan safety, mengingat SPBU tersebut terdapat genangan air yang cukup tinggi sekitar 30 sampai 50 cm di sektiar SPBU,” ungkap Dewi Sri Utami Unit Manager Communication and CSR MOR III. 
Sebagian besar SPBU yang masih beroperasi, bisa menjadi alternatif bagi masyarakat, terutama di wilayah yang tidak terkena banjir. Beberapa SPBU yang untuk sementara tidak beroperasi sebanyak 14 SPBU yang tersebar di Jakarta, Bekasi dan Tangerang.

"Tentunya jika kondisi sudah pulih dan aman untuk operasional SPBU akan segera beroperasi normal kembali," tutupnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya