RIP Bill Simpson, Pelopor Keselamtan Balap

Oleh Redaksi Otosia pada 18 Des 2019, 17:15 WIB
Diperbarui 18 Des 2019, 17:15 WIB
Bill Simpson (nascar.com)
Bill Simpson (nascar.com)

Otosia.com Pelopor keselamatan balap, EJ "Bill" Simpson berpulang pada Senin (16/12/2019) lalu pada usia 79 tahun. Simpson tutup usia setelah mengalami stroke pada Jumat pekan lalu.

Melansir Autoevolution, Simpson lahir di Hermosa Beach, California, Amerika Serikat. Simpson mulai mengikuti drag racing sejak masih muda hingga usia 18 tahun.

Kepeduliannya terhadap keselamata balap bermula saat dia terlibat kecelakaan. Saat itu dia mengalami patah lengan. Itulah titik balik dia menyadari bahwa balapan tidak harus selalu menantang maut.

"Saya sama seperti pembalap lainnya. Satu-satunya hal yang membuat saya terfikir tentang keselamatan adalah setelah saya mengalami cedera," kata Simpson pada tahun 2003.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/tys)

Next

Kemudian dia memiliki ide untuk memakai parasut untuk memperlambat para dragster, tapi desainnya baru terlihat ketika dipakai oleh pembalap drag legendarais, Don garlits.

Simpson juga memiliki ide soal baju anti api Nomex untuk para pembalap. Seorang kenalannya dari NASA, mengenalkannya dengan material untuk baju anti api tersebut. Simpson lantas melihatnya memiliki potensi untuk baju pembalap, mengingat insiden kebakaran pada para pembalap sangat tinggi.

Simpson juga kerap memamerkan baju anti api itu lewat demo dirinya sendiri. Simpson memakai baju tersebut dan sengaja membakar diri.

Next

Terlepas dari hal tersebut, Simpson juga dikenal sebagai seorang flamboyan dan playboy. Tapi pada 2001, NASCAR menuduhnya atas kematian Dale Earnhardt di trek balap.

Mereka mengklaim sabuk pengaman Simpson di mobilnya gagal sehingga mengakibatkan kematian Earnhardt. Kasus tersebut sampai dibawa ke pengadilan. Simpson melaporkannya atas pencemaran nama baik. Hanya saja, kasus tersebut justru selesai di luar pengadilan.

Simpson akan terus dikenang melalui produk-produknya di bawah naungan perusahaannya, Simpson Performance Product. Dia menciptakan 200 lebih produk yang membuat pembalap tetap aman di lintasan.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya