Ekowisata Nusantara, Terobosan Baru Komunitas Toyota Innova

Oleh Redaksi OtosiaNazarudin Ray pada 28 Nov 2019, 09:45 WIB
Diperbarui 28 Nov 2019, 09:45 WIB
Rakernas komunitas Toyota Innova (TIOCI)
Rakernas komunitas Toyota Innova (TIOCI)

Otosia.com Komunitas otomotif Toyota Innova Owner Club Indonesia (TIOCI) telah menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (RaKerNas) 2019 di Hotel Maxone Sukabumi. Acara tersebut diikuti oleh 65 member TIOCI dari beberapa perwakilan wilayah.

Tujuannya adalah untuk menentukan dan mengarahkan kegiatan-kegiatan TIOCI yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 nanti, dan sebagai ajang silaturahmi para member TIOCI dari berbagai wilayah.

Toring RaKerNas juga diikuti 150 peserta TIOCI yang terdiri dari ibu-ibu dan anak-anak. Setibanya di Sukabumi, keluarga TIOCI berkumpul di Selabintana untuk menghabiskan waktu beramah tamah dan berswafoto bersama.

TIOCI juga membuat games untuk para peserta yang terdiri dari ibu-ibu dan anak-anak. Para member TIOCI juga turut memeriahkan kegiatan yang sudah dikemas panitia itu, hal ini bertujuan agar seluruh anggota dapat merasakan arti berbagi dalam kebersamaan.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/prl/ahm)

Pelaksanaan

Pada malam harinya, RaKerNas dilaksanakan dan menghabiskan waktu kurang lebih 4,5 jam. Diawali dengan makan malam, ramah tamah hingga pembahasan kegiatan yang dimulai dari pukul 20.00 WIB hingga 00.30 WIB.

Adapun pembahasan RaKerNas tersebut adalah membahas kegiatan-kegiatan TIOCI yang akan dilaksanakan di tahun 2020. Kegiatan itu di antaranya adalah toring yang terdiri dari toring panjang yang akan diagendakan dua kali dalam setahun dan toring pendek yang akan dilaksanakan di berbagai wilayah sepanjang tahun 2020.

Dalam acara tersebut TIOCI membuka diskusi dan membahas evaluasi kegiatan selama tahun 2019, dengan menerima masukan dari member-member TIOCI demi kemajuan Komunitas tersebut.

Kegiatan yang Pernah Dilakukan

Sejak berdirinya TIOCI pada tahun 2015, kegiatan-kegiatan yang dilakukan tidak selalu berhubungan dengan otomotif saja, terkadang juga konsen melakukan hal yang bersifat religi, sosial dan lingkungan. Bahkan setiap tahunnya sudah menjadi rutinitas, komunitas ini selalu membuat kegiatan sosial dengan tema 1000 sajadah dan kegiatan lingkungan, seperti tanam pohon, di mana pada saat toringTIOCI melakukan uji coba untuk mengurangi sampah plastik dengan membawa tumbler dan tempat makan yang bukan sekali pakai.

Hal ini sebagai wujud tanggung jawab pengendara Toyota Innova Komunitas TIOCI ketika melakukan toring bersama yang sudah tentu menyumbang polutan ke udara. Untuk itu, pada kesempatan RaKerNas kali ini komunitas TIOCI melaunchingkan logo Ekowisata Nusantara sebagai wadah kegiatan lingkungan, sosial dan budaya.

Makna di dalamnya untuk menciptakan Ekowisata Nusantara yang dimulai dari diri sendiri (member) dan peserta TIOCI dalam mewujudkan kebersamaan melalui aspek lingkungan, sosial, budaya dan ekonomi.

“TIOCI Ekowisata Nusantara akan menjadi terobosan baru di komunitas TIOCI, bahwa kita harus merubah image mengenai Komunitas otomotif yang tidak hanya diisi dengan senang-senang saja, tapi kita harus menjadi manusia yang bermakna”, ungkap Ketua Umum TIOCI Iwan Setiawan

Member TIOCI Heri dari Palembang pun mengatakan “Komunitas bukan sekadar kumpulan para pecinta otomotif, tapi komunitas telah menjadikannya keluarga kedua, banyak ilmu dan pembelajaran hidup yang belum diketahuinya dan bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai suku, dan agama hingga menjadikannya banyak saudara”.

Harapan member-member TIOCI ke depannya adalah semoga TIOCI terus dapat menjaga ikatan silahturahmi, bertambah guyub, kegiatan-kegiatannya selalu menyenangkan, sehingga member TIOCI terus bertambah.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya