KIA Seltos Meluncur di Filipina, Berikutnya Indonesia?

Oleh Redaksi Otosia pada 16 Nov 2019, 15:15 WIB
Diperbarui 16 Nov 2019, 15:15 WIB
KIA Seltos (Autoindustriya.com)
KIA Seltos (Autoindustriya.com)

Otosia.com Belum lama ini KIA Filipina merilis SUV terbarunya, yakni KIA Seltos. Mobil ini hadir dalam 3 varian dengan harga mulai PHP1,098 juta atau setara Rp305 jutaa (Kurs PHP1 = Rp278).

Mengutip dari Top Gear Phillipines, KIA Seltos merupakan versi produksi massal dari mobil konsep KIA SP Concept yang sempat muncul dalam gelaran India Auto Expo 2018 lalu.

Di pasar otomotif Filipina, KIA Seltos masuk ke segmen crossover 5-seater. Di kelas tersebut mobil ini akan berhadapan dengan Honda HR-V, Toyota C-HR, dan Suzuki SX4 S-Cross.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/crn)

Desain KIA Seltos

Desain KIA Seltos

Seperti teaser dan spyshot yang sempat beredar, KIA Seltos memiliki bahasa desain khas pabrikan asal Korea Selatan tersebut, dengan tiger-nose grille, LED DRL, LED foglamp dan LED headlight modern, serta bumper beraksen krom.

Bergeser ke samping, tampak garis hitam tegas di pintu bagian bawah, velg 5 palang terbelah, dan jendela dengan frame krom. Aura gaharnya juga ditambah over-fender hitam serta roof-rail di atapnya.

Dilihat dari belakang, tampak mobil ini dibekali LED taillight modern dan futuristik yang terhubung dengan garis krom. Sedangkan di bagian bawah terpasang dual-muffler cover yang hanya berfungsi sebagai pemanis tampilan, serta skid-plate.

Mesin KIA Seltos

Mesin KIA Seltos

Di Filipina, KIA Seltos hanya ditawarkan dalam 1 varian mesin, yakni 4-silinder NA (naturally-aspirated) 2.000 cc. Dapur pacu tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 147 hp dan torsi 179 Nm.

Sebenarnya, di beberapa negara lain tersedia pilihan mesin yang lebih bertenaga. Di Korea Selatan, ada varian 1.600 cc turbocharger bertenaga 175 hp dan torsinya mencapai 265 Nm.

Sedangkan di India ditawarkan mesin bensin 1.500 cc NA dan 1.400 cc turbo, serta turbo-diesel 1.500 cc. Ketiganya dikawinkan dengan transmisi khusus dari KIA bernama ICVT (Intelligent Continously Variable Transmission).

KIA Seltos Indonesia

KIA Seltos Indonesia

Sementara itu, akun instagram KIA Indonesia sempat mengunggah teaser KIA Seltos. Hal ini tentu memunculkan rumor bahwa mobil crossover tersebut akan dijual di pasar otomotif tanah air.

Hanya saja, sampai saat ini, PT Kretha Indo Artha (KIA) sebagai distributor merek KIA di Indonesia masih belum memberi konfirmasi lebih lanjut terkait peluncuran KIA Seltos.

Namun, jika melihat animo masyarakat Indonesia pada mobil crossover 5-seater, bukan tak mungkin mereka akan memboyong KIA Seltos, terlebih pabrikan asal Korea Selatan ini sedang membangun kembali pamornya setelah sempat hengkang.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya