Gadis 14 Tahun Temukan Solusi Atasi Blind Spot Pilar A Mobil

Oleh Redaksi Otosia pada 11 Nov 2019, 10:15 WIB
Diperbarui 11 Nov 2019, 10:15 WIB
Teknologi kurangi blind spot pilar A mobil (Carscoops)
Teknologi kurangi blind spot pilar A mobil (Carscoops)

Otosia.com Pilar A mobil, yang ada tepat di sisi kanan depan pengemudi memang mengurangi visibilitas. Sehingga pengemudi tak leluasa melihat kondisi dari sudut pilar A mobil.

Atas nama keselamatan, pada mobil-mobil modern, pilar A cukup tebal. Tapi justru menghalangi sebagian pandangan, dan berpotensi bahaya.

Sejauh ini solusinya adalah menambah sensor blind spot untuk mendeteksi objek dan memeringatkan pengemudi melalui gambar atau suara. Melansir Carscoops, kini ada solusi lain selain hal tersebut yang ditemukan oleh gadis 14 tahun bernama Alaina Gassler.

Temuan Gassler ini diklaim lebih berguna. Proyek bernama Improving Automobile Saety by Removing Blind Spots itu diajukan pada kompetisi Broadcom MASTERE (Math, Applied Science, Technology, and Engineering for Rising Satrs) untuk sekolah menengah dari Society for Science and the Public.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/tys)

Versi Prototipe

Karena temuannya itu, Gassler mendapatkan uang senilai USD 25.000 dari Yayasasn Samueli sebagai hadiah. Prototipe Gassler terdiri dari webcam, proyektor, dan materi cetak 3D untuk mengisi ruang yang tertutup oleh pilar A.

Webcam dipasang di luar pilar dan menampilkan video langsung di dalam dari proyektor yang terpasang pada atap di atas kursi pengemudi. Jika terjadi masalah dengan proyeksi gambar pada interior, dia melapisi ulang dengan kain reflektor retro.

Menurutnya, karena mata pengemudi berada di sebelah proyektor, pengemudi bida melihat gambar yang jernih dan jelas. Sedangkan para penumpang hanya akan melihat selembar kain hitam.

Hanya saja belum bisa dipastikan proyek ini akan benar-benar diproduksi. Bisa saja, proyek ini berhenti sampai pada versi prototipe.

Next

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya