Kunjungan Perdana, DORNA Yakin Sirkuit Mandalika Rampung Akhir 2020

Oleh Redaksi Otosia pada 31 Okt 2019, 20:45 WIB
Diperbarui 31 Okt 2019, 20:45 WIB
Kunjungan CEO DORNA ke Mandalika (Instagram/itdc_id)
Kunjungan CEO DORNA ke Mandalika (Instagram/itdc_id)

Otosia.com Setelah MotoGP Australia digelar, CEO DORNA Carmelo Ezpeleta dan Sporting Director Dorna Carloz Ezpeleta mengunjungi The Mandalika, Lombok, Indonesia. Kunjungan perdana itu dilakukan pada tanggal 28 Oktober 2019 lalu.

Menurut ITDC melalui akun Instagram resmi @itdc_id, kunjungan tersebut untuk meninjau pembangunan sirkuit Mandalika. Rencananya, sirkut Mandalika akan memiliki panjang 4,31 kilometer dengan 17 tikungan.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/tys)

Tes Pra-Musim MotoGP 2021

Tes Pra-Musim MotoGP 2021

Setelah meninjau, bos MotoGP itu rupanya memberikan apresiasi dan yakin atas komitmen ITDC untuk menyelesaikan sirkuit pada 2020. Sehingga tes pra-musim MotoGP bisa dilakukan.

Perkiraan, tes pra-Musim MotoGP akan dilakukan pada Februari atau Maret 2021. Pada kesempatan itu juga disampaikan bahwa tes pra-musim di sirkuit Mandalika sudah dikonsultasikan dengan Safety Commissioning MotoGP, dan sudah disetujui.

 

Habiskan Rp 3,6 Triliun

Habiskan Rp 3,6 Triliun

Sebagai informasi, sirkuit Mandalika kini masih dalam tahap ground working. Targetnya, sirkuit Mandalika akan rampung pada Juni 2020. Sirkuit Mandalika sendiri akan mengusung konsep jalan raya.

Akan ada paddock dan 40 garasi yang memiliki kapasitas 93.200 tempat duduk penonton. Selain itu, juga akan dibangun area tanpa tempat duduk berkapasitas 138.000 penonton dan hospitality suite yang menampung 7.700 penonton. Kabarnya, pembangunan sirkuit Mandalika akan menelan anggaran sampai Rp 3,6 triliun.

Desain Mandalika

Desain Mandalika

Tahun 2021 nanti, Indonesia bakalan jadi tuan rumah balapan motor international bergengsi, MotoGP. Balapan yang diikuti Valentino Rossi itu akan memakai sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sirkuit Mandalika dijadwalkan mulai dibangun pada Oktober 2019 dan rampung pada Juni 2020. Sirkuit Mandalika akan mengusung konsep jalan raya, seperti balap Formula 1 yang digelar di Singapura dan Monako.

Panjangnya mencapai 4,32 kilometer dan akan terdiri dari 18 tikungan dan satu lintasan lurus. Juga akan dibangun paddock dan 40 garasi yang memiliki kapasitas 93.200 tempat duduk penonton.

Selain itu juga akan dibangun area tanpa tempat duduk berkapasitas 138.000 penonton dan hospitality suite yang menampung 7.700 penonton. Kabarnya, pembangunan sirkuit Mandalika akan menelan anggaran sampai Rp 3,6 triliun.

Terbayang tidak bagaimana nantinya wujud sirkuit Mandalika? Akun resmi MotoGP (@motogp) membagikan render desain 3D (tiga dimensi) sirkuit Mandalika.

Seperti yang dijelaskan di atas, akan ada berbagai fasilitas yang menunjang keberadaan sirkuit Mandalika. Tak boleh ketinggalan juga, bahwa sirkuit Mandalika dipastikan dibangun sesuai dengan standar keamanan dan keselamatan yang sudah ditetapkan.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Berita Terkini Selengkapnya