Mobil Murah 7-Seater, New Toyota Calya atau Renault Triber?

Oleh Redaksi Otosia pada 17 Sep 2019, 15:45 WIB
Diperbarui 17 Sep 2019, 15:45 WIB
Toyota Calya (Toyota)
Toyota Calya (Toyota)

Otosia.com Senin kemarin (16/9), PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi merilis New Toyota Calya. Anton Jimmy Suwandi, Direktur Pemasaran TAM mengaku bahwa mobil ini dihadirkan untuk menghadang Renault Triber.

"Jujur pada saat kami merencanakan Calya minor change kita belum tahu Renault. Kami memang mengantisipasi adanya kompetitor tapi kami belum tahu bahwa akan ada Renault," ujarnya.

Lantas, untuk Otolovers yang ingin membeli mobil MPV 7-seater murah, lebih baik memilih New Toyota Calya atau Renault Triber?

 

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/crn)

Desain

Desain

Soal desain kami serahkan ke selera Otolovers. Yang jelas, Toyota Calya facelift kini memiliki tampilan mirip kakaknya, Toyota Avanza, dengan gril 3 bilah dan rumah foglamp vertikal.

Sementara itu, Renault Triber juga memiliki gril 3 bilah beraksen krom. Di bawahnya terpasang skid-plate berwarna silver dengan foglamp yang lebih sederhana.

Mesin

Mesin

Untuk urusan performa, jelas keunggulan ada di New Toyota Calya. Mobil LCGC ini mengusung mesin 4-silinder 1.197 cc bertenaga 88 ps dengan torsi maksimum 108 Nm.

Sedangkan Renault Triber hanya mendapat asupan tenaga sebesar 72 ps dan torsi 96 Nm. Performa tersebut dihasilkan oleh mesin yang lebih kecil, hanya 3-silinder 1.000 cc.

Kepraktisan

Kepraktisan

Terlahir sebagai MPV murah, keduanya mampu mengangkut 7 penumpang. Selain itu terdapat beberapa ruang penyimpanan di pintu, dashboard, serta konsol tengahnya.

Hanya saja, untuk bangku paling belakang Renault Triber dapat dilepas. Sedangkan jok baris ketiga Toyota Calya hanya bisa dilipat untuk menambah kapasitas bagasinya.

Fitur

Fitur

Baik Renault Triber maupun New Toyota Calya sama-sama telah menggunakan LED headlight. Selain itu, di kabin keduanya juga terpasang head-unit display touchscreen yang bisa terhubung ke smartphone.

Namun, pada Renault Triber, layar ini telah menggunakan sistem Android Auto atau pun Apple Car Play yang mempermudah pengoperasiannya. Pada New Toyota Calya, fitur ini hanya terdapat di tipe G.

Harga

Harga

Jelas New Toyota Calya menang telak untuk urusan harga pengiriman ke konsumen. Pasalnya, sejak dirilis pada Juli 2019 lalu, harga Renault Triber masih belum diumumkan. Kabarnya, mobil ini akan dibanderol Rp165 - 190 jutaan.

New Toyota Calya ditawarkan dalam 3 varian. Tipe E MT dibanderol Rp137,463 juta, G MT Rp146,4 juta, dan yang tertinggi, G AT dijual dengan harga Rp158,4 juta. Tentunya mobil ini akan segera dikirim ke konsumen dalam waktu dekat.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya