Efek Mengerikan Ngotot Pakai Minyak Rem Tak Sesuai Spesifikasi

Oleh Redaksi Otosia pada 13 Sep 2019, 10:15 WIB
Diperbarui 13 Sep 2019, 10:15 WIB
Ilustrasi ganti minyak rem (Suzuki)
Ilustrasi ganti minyak rem (Suzuki)

Otosia.com Masing-masing sepeda motor dibekali komponen dengan spesifikasi berbeda-beda. Memakai komponen yang tidak sesuai spesifikasi, bisa membuat sepeda motor bermasalah.

Salah satunya memakai minyak rem yang tidak sesuai dengan kemampuan sistem pengereman. Contohnya, pemakaian minyak rem dengan DOT yang terlalu tinggi.

Seperti sistem yang seharusnya memakai minyak rem DOT 3, tetapi dipaksa memakai minyak rem DOT 4 atau 5. Padahal sistem pengereman pada komponen selang masih dalam kondisi standar.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/tys)

Selang Melar

Tampaknya memang tidak berbahaya. Menurut laman Suzuki Indonesia, saat minyak rem mencapai titik didih akan bisa sangat berbahaya dan menyebabkan rem blong. Perlu diketahui, semakin tinggi DOT, maka akan semakin tinggi juga titik didih dari minyak rem.

Jika tak didukung oleh selang rem yang bagus, maka selang rem bis amelar karena panas. Akibatnya, berisiko menyebabkan rem blong.

Perlu diingat, bahwa minyak rem akan meningkat suhunya saat digunakan. Saat sepeda motor melakukan hard braking, panas di bagian kaliper bisa mendidihkan minyak rem.

Maka itu, lebih baik memakai minyak rem sesuai dengan spesifikasi pabrikan saja. Cukup menyesudaikan dengan DOT minyak rem pabrikan motornya.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya