Sah! Presiden Jokowi Resmikan Pabrik dan Mobil Esemka Bima

Oleh Redaksi Otosia pada 06 Sep 2019, 15:45 WIB
Diperbarui 06 Sep 2019, 15:45 WIB
Peeresmian pabrik Esemka (Merdeka.com)
Peeresmian pabrik Esemka (Merdeka.com)

Otosia.com Setelah tarik ulur, kini ada titik terang soal mobil Esemka. Mobil niaga Esemka Bima pickup 1.200cc dan Bima 1.300cc resmi diluncurkan hari ini, Jumat (6/9/2019).

Peluncuran itu bersamaan dengan peresmian fasilitas produksi PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Presiden didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pencetus mobil Esemka Sukiyat, Presiden Direktur Esemka, Eddy Wirajaya dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja lainnya.

Sebelum peresmian, Jokowi berkesempatan meninjau aktivitas pabrik dari depan hingga belakang. "Mobil Esemka ini adalah brand Bangsa Indonesia, karya anak bangsa sendiri. Saya sudah lihat sendiri tadi," katanya.

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/tys)

Bukan Mobil Nasional

Bukan Mobil Nasional

Jokowi berharap rakyat Indonesia akan membeli produk karya anak bangsa tersebut. Meski belum 100 persen, menurutnya, bahan baku mobil Esemka kandunganya berasal dari dalam negeri. Ia berharap ke depan produksi Esemka bisa menggunakan bahan baku 100 persen dari Indonesia.

Dalam sambutannya Presiden Direktur Esemka, Eddy Wirajaya menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan masyarakat dan pemerintah sehingga mobil Esemka bisa diproduksi.

"Esemka ini hanya perusahaan nasional, jadi bukan mobil nasional. Kita bersyukur bisa merintis mobil karya anak Indonesia. Semoga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Boyolali khususnya dan Indonesia pada umumnya," pungkas dia.

Sumber: Merdeka.com

 

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya