Mitsubishi Kuda Akan Terlahir Kembali?

Oleh Redaksi Otosia pada 05 Sep 2019, 14:15 WIB
Diperbarui 05 Sep 2019, 14:15 WIB
Mitsubishi Kuda/ Adventure (TopGear Filipina)
Mitsubishi Kuda/ Adventure (TopGear Filipina)

Otosia.com Nama Mitsubishi Kuda saat ini memang tak terlalu terkenal. Meski demikian, MPV tersebut adalah salah satu mobil legendaris di Indonesia.

Pada tahun 1999, Mitsubishi Kuda dihadirkan untuk melawan 2 pemain besar di segmen medium MPV, yakni Isuzu Panther dan Toyota Kijang Kapsul.

Karena itu, Mitsubishi Kuda mengusung mesin 2.500 cc diesel. Selain itu, ditawarkan juga varian yang dibekali dapur pacu bensin 1.600 cc dan 2.000 cc.

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/crn)

Disuntik Mati

Disuntik Mati

Sayangnya kedua rivalnya jauh lebih perkasa. Akhirnya PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memutuskan untuk menghentikan produksi Mitsubishi Kuda pada 2005.

Meski demikian, usia Mitsubishi Kuda di pasar international lebih panjang. Pertama kali dirilis pada 1997, mobil MPV ini disuntik mati 2 tahun lalu, tepatnya pada 2017.

Ya, Mitsubishi Kuda juga dijual dengan nama yang berbeda di beberapa negara, seperti Mitsubishi Adventure di Filipina, Mitsubishi Jolie di Vietnam, Soueast Freeca di China, dan Africar Landio/ Jockey di Afrika Selatan.

Terlahir Kembali

Terlahir Kembali

Kini, mengutip dari TopGear Filipina, berembus rumor bahwa Mitsubishi Kuda akan terlahir kembali. Karena itu, mereka mencoba menerka wujud Mitsubishi Kuda jika benar nantinya dirilis.

Di sektor depan, tampak jelas Mitsubishi Kuda mengusung konsep Dynamic Shield dari Mitsubishi Global. Wajah mobil ini terlihat diadopsi dari Mitsubishi Pajero Sport terbaru yang dirilis di Thailand.

Dimensinya tentu lebih besar. Hanya saja, Mitsubishi Kuda terbaru diharapkan tetap memiliki bentuk yang tak jauh beda, cenderung mengotak atau boxy.

Mesin Modern

Mesin Modern

Karena itu, bagian sampingnya terlihat memiliki jendela persegi panjang yang besar, begitu juga dengan kaca belakangnya. Pintunya pun berbentuk kotak untuk mempermudah akses barang ke bagasi.

Selain itu, bentuk lampu belakang J-shaped Mitsubishi Kuda juga tetap dipertahakan. Hanya saja, komponen ini sudah lebih modern lantaran menggunakan LED.

Untuk urusan performa, Mitsubishi Kuda terbaru mengusung mesin yang sama dengan milik Mitsubishi Strada, 2.400 cc MIVEC Diesel 178 hp. Dapur pacu tersebut ditawarkan dalam pilihan tranmisi manual 6-speed dan otomatis 8-speed.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya