Kolaborasi Toyota - Suzuki, Kembangkan Mobil Otonom

Oleh Redaksi Otosia pada 02 Sep 2019, 15:15 WIB
Diperbarui 02 Sep 2019, 15:15 WIB
Toyota Galnza, hasil rebadge Suzuki Baleno (Toyota India)
Toyota Galnza, hasil rebadge Suzuki Baleno (Toyota India)

Otosia.com Toyota dan Suzuki selama beberapa tahun belakangan tampak harmonis. Terbukti, keduanya menjalin kerja sama di India dan Afrika. Selain itu, mereka juga telah membentuk aliansi baru.

Mengutip dari Autocar.co.uk, kolaborasi ini akan berfokus ke pengembangan teknologi mobil otonom. Toyota dan Suzuki nantinya juga berbagai mesin serta sistem lainnya.

Selain itu, terjadi saling beli saham antara 2 pabrikan asal Jepang tersebut. Memang, jumlahnya tak terlalu besar, namun cukup untuk menunjukkan keseriusan kolaborasi keduanya.

Tercatat Toyota membeli 4,94% saham Suzuki dengan nilai sekitar USD920 jutaan, setara Rp13 triliunan. Sedangkan Suzuki membeli saham Toyota sebesar 0,2%, berkisar USD452 jutaan, atau Rp6,4 triliunan (Kurs USD1 = Rp14.190).

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/crn)

Rebadge Mobil

Rebadge Mobil

Sebenarnya kolaborasi keduanya sudah berjalan sejak awal 2019 di India. Karena itu, Suzuki bisa mengakses dan menggunakan teknologi mobil listrik Toyota.

Sedangkan Toyota memiliki kesempatan untuk menggunakan mesin dari Suzuki. Dapur pacu tersebut rencananya akan digunakan untuk pengembangan mobil-mobil compact Toyota.

Salah satu bukti nyata dari aliansi Toyota - Suzuki ialah Toyota Glanza. Mobil hatchback ini adalah produk rebadge dari Suzuki Baleno Hatchback.

Nantinya, Suzuki juga akan melakukan rebadge pada beberapa produk Toyota. Sementara, informasi yang beredar adalah akan hadir Toyota RAV4 dan Toyota Corolla Wagon versi Suzuki.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya