Menengok Kondisi Jalan Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

Oleh Redaksi Otosia pada 31 Agu 2019, 07:15 WIB
Diperbarui 31 Agu 2019, 07:15 WIB
Kondisi jalan di Kalimantan Timur (Merdeka.com)
Kondisi jalan di Kalimantan Timur (Merdeka.com)

Otosia.com Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan bahwa ibu kota negara akan dipindah. Nantinya, pusat pemerintahan ini terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kertanegara.

Mengutip dari Merdeka.com, berikut ini adalah potret akses dan kondisi di sekitar ibu kota baru Indonesia:

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/crn)

Rusak Parah

Rusak Parah

Wajah akses jalan di Semoi Sepaku rusak parah. Dengan dijadikannya ibu kota negara, kerusakan jalan seperti ini bisa segera ditangani pemerintah.

Dikelilingi Sawit

Dikelilingi Sawit

Hamparan sawit di Semoi, Sepaku. Kecamatan Sepaku merupakan eks daerah tujuan transmigrasi tahun 1975. Saat itu, ada sekitar 4.000 KK dari pulau Jawa bertransmigrasi ke Sepaku, untuk bertani.

Cenderung Sepi

Cenderung Sepi

Suasana jalan negara di Sepaku. Lalu lalang di siang hari relatif sepi dari roda dua. Truk pengangkut BBM hingga sawit kerap lalu lalang di samping roda empat.

Pusat Komando

Pusat Komando

Lokasi Puslatpur TNI di Kelurahan Amborawang Darat, kec Samboja, Kutai Kartanegara seluas 724 Ha. Lokasi itu ditinjau Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, 8 Agustus 2019 lalu. Kabarnya, lokasi itu bakal jadi Pusat Komando Wilayah Gabungan 3 matra TNI. Lokasinya strategis, dekat laut Selat Makassar.

Lewati Cagar Alam

Lewati Cagar Alam

Salah satu kawasan hutan yang ada di Sepaku. Perjalanan ke Sepaku memang melalui kawasan hutan cagar alam hingga KBK (Kawasan Budidaya Kehutanan).

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Berita Terkini Selengkapnya