4 Mitos yang Sering Dilakukan Pengendara Motor

Oleh Redaksi Otosia pada 30 Agu 2019, 18:15 WIB
Diperbarui 30 Agu 2019, 18:15 WIB
Mitos yang sering dilakukan pengendara motor (liveabout)
Mitos yang sering dilakukan pengendara motor (liveabout)

Otosia.com Ada beberapa anggapan tentang kendaraan roda dua yang seolah benar. Padahal anggapan itu belum tentu bisa dibuktikan. Tapi tetap saja masih sering dilakukan.

Sering kali, anggapan tersebut dipercaya lantaran dinilai mampu memberikan efek positif pada kendaraan yang dipakai. Berikut empat mitos yang paling sering dilakukan pengendara sepeda mtoor seperti dilansir Wahana Honda:

 

 

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/tys)

Dilarang Ngebut saat Inreyen

Saat sepeda motor masih menggunakan teknologi 2-Tak, masa inreyen merupakan masa penyesuaian mesin yang terjadi pada kendaraan baru. Hanya saja, masa inreyen motor 2-Tak sedikit berbeda dengan kendaraan yang ada saat ini.

Kendaraan dengan teknologi terbaru sudah bisa digeber dengan kecepatan tinggi saat inreyen. Hanya saja pemilik tidak dianjurkan membuka gas secara mendadak karena menyebabkan penyesuaian mesin berjalan tidak maksimal.

Pakai Kick Starter saat Pagi

Awal mula dari mitos ini adalah sepeda motor lansiran di bawah 2000an masih memiliki sistem kelistrikan yang belum secanggih sekarang. Pada masa itu, aki yang digunakan harus diisi terlebih dahulu dengan nyala mesin agar aki awet dan tahan lama.

Menggunakan kick starter pada pagi hari membuat aki lebih awet dan tahan lama. Tapi untuk sepeda motor saat ini, teknologi kelistrikan sudah berkembang pesat, sehingga tak perlu lagi menggunakan cara ini untuk merawat aki.

Panaskan Mesin Harus Lama

Berbicara mengenai pemanasan mesin, pemilik kendaraan harus memperhatikan waktu yang dibutuhkan. Untuk teknologi mesin injeksi pemanasan tidak perlu dilakukan terlalu lama, hanya cukup 1 menit.

Tapi untuk teknologi sepeda motor karburator, pemilik membutuhkan waktu lebih lama karena pengapian di mesin karburator tidak seefektif mesin injeksi.

Ban Baru

Sampai sekarang mitos yang satu ini belum jelas datangnya dari mana. Mitos ini sangat salah dan berbahaya jika dilakukan.

Keadaan ban yang kempes menyebabkan jalannya kendaraan sepeda motor tidak berjalan semestinya dan bisa menyebabkan sepeda motor terjatuh. Belum lagi ban kempes akan merusak permukaan ban.

Sumber: Liputan6.com

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya