Suzuki Ertiga vs XL6, Apa Saja Bedanya?

Oleh Redaksi Otosia pada 28 Agu 2019, 10:15 WIB
Diperbarui 28 Agu 2019, 10:15 WIB
Suzuki XL6 vs Ertiga (Cardekho)
Suzuki XL6 vs Ertiga (Cardekho)

Otosia.com Maruti Suzuki India resmi merilis Ertiga versi mewah, yakni XL6. Mobil berbasis Suzuki Ertiga itu disebut memiliki fitur yang lebih premium ketimbang Ertiga.

Mobil 6 penumpang ini juga disebut memiliki harga yang lebih mahal ketimbang Ertiga. Lantas, apa saja yang membuatnya berbeda dari Ertiga?

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/tys)

Tampilan

Tampilan

Desain eksterior XL6 brbeda dengan Ertiga. Bagian wajahnya terutama. Gril, desain lampu utama, lamp kabut, bumper, kap mesin, dan ornamen skid plater berbeda.

Gril XL6 berbentuk heksagonal dengan bilah besar membelah dan menghubungkan lampu utama. Sedangkan LED dipasang untuk lampu utama dan foglamp.

XL6 memakai velg alloy 15 inci yang sama. Hanya saja warnanya hitam. Sedang over fender diberi plastik hitam, melengkapi skid plate di depan dan belakang. Ada tambahan roof rail, menjadikan XL6 seperti versi crossover LSUV Ertiga.

Baik Ertiga, maupun Ertiga punya jarak sumbu sama. Begitu pula dengan kapasitas bagasi sama, 209 liter. Hanya saja dimensinya berbeda. XL6 lebih panjang 50 mm, lebih lebar 50 mm, dan lebih tinggi 10 mm.

Interior dan Fitur

Interior dan Fitur

Perbedaan lainnya terlihat saat membuka pintu mobil XL6. Konfigurasi kursi XL6 hanya untuk 6 penumpang dengan kursi baris kedua bergaya captain seat.

Selain itu juga dominasi  warna hitam dan jok kulit XL6 berwarna beige. Kelengkapannya masih sama, seperti layar infotainment 7-inci yang kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Keyless entry dan tombol start juga tersedia pada XL6.

Fitur penjamin keselamatannya tak berbeda. Keduanya dibekali dua kantong udara, rem ABS+EBD, sensor parkir belakang, kamera parkir mundur, ISOFIX, electronic stability program dan hill hold control. Dua fitur terkahir cuma tersedia untuk pilihan transmisi otomatis. Selain itu, XL6 dibekali cruise control. Sedangkan Ertiga tidak.

Sistem Mekanis

Sistem Mekanis

Jantung mekanis tak ada yang berubah. Masih memakai mesin K15B 4-silinder 1.5L bertenaga 105 PS dan torsi 138 Nm. Dukungan mild hybrid dari SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) juga tersedia. 

Memanfaatkan intergrated starter generator (ISG) untuk lebih menghemat konsumsi BBM. Klaim efisiensinya, 19,01 km/liter dengna transmisi manual 5-percepatan dan 17,99 km/liter dengan transmisi otomatis 4-percepatan.

Harga

Harga

Harga Suzuki XL6 berbasis Ertiga di rentang Rs 9,80 Lakh (Rp 195 jutaan) sampai Rs 11,46 Lakh (Rp 228 jutaan). Dua varian ditawarkan, Zeta dan Alpha. Masing-masing punya pilihan transmisi MT dan AT. Perbedaannya pada kelengkapan, Zeta minus pembungkus kulit pada setir dan jok, sun visor, lampu depan otomatis dengan fitur follow me home dan kamera parkir mundur. Sisanya sama.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya