Mitos atau Fakta, Warna Air Radiator Pengaruhi Kualitas

Oleh Redaksi Otosia pada 19 Agu 2019, 18:15 WIB
Diperbarui 19 Agu 2019, 18:15 WIB
Air radiator (wisegeek.com)
Air radiator (wisegeek.com)

Otosia.com Salah satu komponen penting mobil ialah radiator. Fungsinya adalah menjaga suhu mesin tetap stabil dan tidak overheat, agar tetap lancar serta berada di performa terbaiknya.

Karena fungsi itu, komponen ini harus diisi dengan cairan yang biasa disebut air radiator. Mungkin masih banyak dari pemilik yang bertanya-tanya dan belum tahu alasan kenapa air radiator diberi pewarna.

Tidak sembarangan, pemberian warna ini memiliki fungsi. Apa fungsi air radiator atau coolant diberi warna? Bukan hanya untuk identitas pabrikan, pemberian warna di air radiator ternyata memiliki fungsi penting, seperti dilansir Liputan6.com dari Suzuki Indonesia, Senin (19/8/2019).

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/crn)

Tiap Pabrikan Beda Warna

Tiap Pabrikan Beda Warna

Umumnya, untuk masing-masing pabrikan kendaraan berbeda warna. Alasan air radiator diberi warna ialah untuk memudahkan pemilik mobil dan bengkel saat ingin membedakan dengan cairan lainnya.

Sehingga, saat ada kebocoran pemilik dan mekanik bisa langsung melakukan identifikasi apakah yang bocor itu dari oli atau air radiator.

Tak Ada Kaitannya

Tak Ada Kaitannya

Warna dan Kualitas Air Radiator Tak Berkaitan
Beberapa warna air radiator atau coolant yang paling banyak digunakan ialah hijau, merah, kuning, dan biru. Satu hal yang harus diketahui adalah perbedaan warna air radiator bukan berarti berbeda kualitas.

Karena warna yang disematkan hanya pewarna yang tidak memiliki hubungan dengan fungsi atau kualitas setiap produk air radiator. Jadi bisa disimpulkan, tidak ada hubungan antara warna dengan kualitas air radiator.

Sumber: Liputan6.com

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya