Tips Memilih Sarung Tangan Harian yang Aman dan Nyaman

Oleh Nazarudin Ray pada 14 Agu 2019, 17:15 WIB
Diperbarui 14 Agu 2019, 17:15 WIB
Ilustrasi sarung tangan (racerglovesusa.com)
Ilustrasi sarung tangan (racerglovesusa.com)

Otosia.com Banyak yang menganggap sepele sarung tangan ketika naik sepeda motor. Karenanya tidak sedikit pemotor yang tidak memakai sarung tangan saat berkendara di jalan raya. Padahal memakai sarung tangan punya manfaat penting dan menjadi bagian dari perlengkapan bermotor yang sangat dianjurkan.

Selain menambah penampilan, sarung tangan yang baik dapat menghindari luka tangan saat terjatuh atau kecelakaan serta goresan aspal, melindungi dari cuaca terik, hingga mengurangi getaran dan menyerap keringat tangan agar grip ke setang tidak licin.

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/nzr/ahm)

Cara Pilih Sarung Tangan

Cara Pilih Sarung Tangan

Lalu bagaimana memilih sarung tangan yang baik, terlebih digunakan untuk harian? Menurut Irwan Bachroem, Helmet & Apparel Specialist Deride agar tetap nyaman dipakai, pilih sarung tangan berbahan textile mesh dan pelindung telapak tangan berbahan kulit.

Tapi sebaiknya pilihlah yang full untuk harian demi keamanan. “Mungkin sedikit tidak nyaman dipakai, tapi demi keamanan saya sarankan pakai yang full,” imbuhnya.

Sementara agar nyaman dipakai, perhatikan ukuran yang pas dengan tangan. Misalnya sebelum memutuskan membeli, melakukan pengukuran lingkar telapak tangan,dan memperhatikan panjang jari.

“Misalnya jari-jarinya panjang, mungkin akan lebih cocok memakai sarung brand Eropa,” katanya.

Cara Merawat

Cara Merawat

Nah setelah sarung tangan yang dibutuhkan sudah dipilih. Jangan lupa, perhatikan juga perawatan dan penggunaannya.

Karena sarung tangan motor biasanya ada bagian yang dilapisi kulit yang berfungsi sebagai protektor, sebaiknya tidak dicuci dengan air. Sebab setelah mengering akan cenderung menjadi kaku, sehingga tidak lagi nyaman digunakan.

“Kalau kesulitan melakukan perawatan sendiri bisa dibawa ke penyedia jasa untuk perawatan apparel kendaraan bermotor. Kalau ditanya kapan saatnya ganti sarung tangan jika dipakai harian, sarung tangan tidak ada waktunya. Karena tergantung cara pemakaian dan perawatannya saja,” tutup Irwan yang dijuluki Dr. Deride.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya