Seberapa Penting Fitur Rem ABS?

Oleh Redaksi Otosia pada 07 Agu 2019, 16:15 WIB
Diperbarui 07 Agu 2019, 16:15 WIB
Rem ABS pada Honda ADV150 (Otosia.com/ Cornelius Candra)
Rem ABS pada Honda ADV150 (Otosia.com/ Cornelius Candra)

Otosia.com Berbagai sepeda motor di Indonesia kini mulai dilengkapi rem ABS (anti-lock brake system). Tak hanya motor gede, beberapa motor di bawah 250 cc juga telah dibekali teknologi tersebut.

Namun, hadirnya fitur ABS pada sepeda motor membuat harganya menjadi lebih mahal, contohnya Honda ADV150. Untuk tipe ABS, skutik ini dibanderol Rp36,5 juta, sedangkan non-ABS hanya Rp33,5 juta.

Demikian juga dengan berbagai motor lain. Biasanya, varian ABS lebih mahal Rp3 juta dibanding non-ABS. Dengan selisih tersebut, seberapa penting ABS pada motor?

Mengutip dari Rideapart.com, bagi pengendara andal, mengerem di kondisi sempurna dengan ban yang baik, aspal bagus, dan cuaca cerah, membuat fitur ABS tidak terlalu penting.

 (kpl/crn)

Lebih Presisi

Lebih Presisi

Hanya saja, sistem pengereman ABS akan membantu ketika harus mengurangi kecepatan secara cepat di turunan curam. Teknologi ini pun sangat berguna ketika melibas jalanan yang basah dan licin.

Menurut sumber yang sama, beberapa studi di Italia, Spanyok, dan Swedia juga menyatakan bahwa rem ABS terbukti efektif dalam mengurangi angka kecelakaan. Artinya, teknologi ini sangat berguna untuk menyelamatkan pengendara di jalan.

Tim Otosia.com pun pernah menjajal beberapa motor yang dilengkapi teknologi ABS, seperti Honda ADV150, Vespa Sprint, dan Honda Forza. Hadirnya fitur tersebut membuat pengereman menjadi lebih presisi.

Hal itu disebabkan oleh turunnya kecepatan motor secara bertahap. Ketika melibas jalanan yang licin pun kendaraan dapat berhenti dengan aman dan tidak tergelincir. Jadi, dengan menambah Rp3 jutaan, fitur ABS sangat layak untuk dimiliki. Semoga bermanfaat Otolovers.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya