Jarang Dipakai, Ban Mobil Tetap Harus Diganti

Oleh Redaksi Otosia pada 17 Jul 2019, 14:15 WIB
Diperbarui 17 Jul 2019, 14:15 WIB
Ban tetap harus diganti meskipun mobil jarang dipakai (smartwaylondon.co.uk)
Ban tetap harus diganti meskipun mobil jarang dipakai (smartwaylondon.co.uk)

Otosia.com Siapa bilang mobil yang jarang dipakai bisa menghemat ongkos servis? Jangan salah kaprah ya Otolovers, faktanya mobil yang jarang dipakai tetap harus dirawat sebagaimana mestinya.

Salah satunya adalah soal penggantian ban. Komponen ini ibarat kaki pada manusia, jika rusak sudah bisa ditebak mobil tak mau jalan.

Jadi, meski mobil jarang digunakan atau hanya diam terparkir saja, pada dasarnya ban tetap akan menahan beban dari kendaraan. Jika terlalu lama parkir, kondisi ini justru bisa membuat tekanan udara pada ban berkurang dan berdampak pada kerusakan material si karet bundar.

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Suparman, patokan pergantian ban tidak ada kaitannya dengan mobi jarang digunakan atau tidak.

"Jarang digunakan belum tentu ban lebih awet, bisa jadi justru sebaliknya. Bila berpatokan pada pedoman, baik mobil jarang atau aktif digunakan harusnya teteap melakukan pergantian setiap empat tahun sekali. Ini untuk ban yang sudah terpasang di roda," jelas Suparman, dilansir laman resmi Auto2000.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/tys)

Struktur Ban Berubah

Struktur Ban Berubah

Lanjutnya, biasanya kerusakan ban mobil yang jarang digunakna terjadi akibat terlalu lama menjadi tumpuan pada satu sisi saja. Artinya, akiabt tidak adanya perputaran atau rotasi, bisa berpotensi ban mengalami perubahan bentuk dalam jangka tertentu.

Terlebih bila usia ban sudah beranjak lebih dari tiga atau empat tahun, karena pada masa-masa ini telah terjadi perubahan struktur pada materialnya yang bisa membuat ban tidak dapat menjalankan fungsi secara optimal ketika digunakan.

Oleh karena itu, Suparman mengingatkan pemilik mobil untuk tidak cuek soal masalah waktu pergantian ban. Bakan potensi kerusakan bukan hanya pada ban saja, tapi juga bisa menyerang sektor komponen kaki-kaki lainnya. Contoh seperti bearing roda dan perangkat pelengkap lain.

"intinya bila ban sudah terpasang, otomatis ban itu sudah pernah digunakan. Terlepas dari mobil jarang digunakan, waktu pergantian itu tiap empat tahun sekali karena seiring waktu akan ada penurunan kualitas pada material ban," pungkasnya.

Sumber: Liputan6.com

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya