Harga Tak Beda Jauh, Pilih Honda Brio RS atau Suzuki Baleno?

Oleh Redaksi Otosia pada 05 Jul 2019, 19:45 WIB
Diperbarui 05 Jul 2019, 19:45 WIB
Honda Brio RS (Honda)
Honda Brio RS (Honda)

Otosia.com Bila dibandingkan, Suzuki Baleno sebenarnya lebih cocok dengan Honda Jazz atau Toyota Yaris, karena mereka berada di kelas yang sama. Tapi soal harga, Baleno jauh lebih murah ketimbang dua hatchback lainnya itu.

Bahkan, Suzuki Baleno yang dibandrol mulai Rp 213 juta hingga Rp 225,5 juta (OTR Jakarta), jika sedang didiskon harganya hampir setara dengan Honda Brio RS. Harga Honda Brio RS CVT dibandrol Rp 191 juta. 

Jika punya dana seharga Suzuki Baleno atau Honda Brio RS, maka lebih baik membeli yang mana? Marik bahas spesifikasi mereka. 

 

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/tys)

Desain

Desain

Kedua mobil hatchback pabrikan Jepang ini punya konsep yang berbeda. Brio RS menawarkan wujud yang lebih sporty. Mobil kecil ini punya aksesori yang menunjang tampilan sporty, seperti diffuser dan under spoiler.

Generasi teranyar Brio juga membuatnya terlihat jauh berbeda. Pintu belakang yang dulunya kaca, kini sudah menjadi satu dengan bodi, sehingga semakin memberikan kesan hatchback.

Sedangkan Baleno punya desain yang elegan dengan aksen yang lebih tajam. Sayangnya, ada beberapa area yang kurang sedap dipandang. Salah satunya bagian belakang yang seolah cungkring. 

Fitur

Fitur

Dari segi fitur, keduanya langsung terlihat berbeda. Baleno dilengkapi perangkat yang memudahkan penggunanaya. Paling kentara adalah kunci.

Teknologi keyless yang berpadu dengan start/stop button. Sementara Brio RS masih pakai model konvensional yang menggunakan anak kunci.

Air Conditioner  (AC) keduanya bisa diatur melalui kontrol digital. Kendati sama, tapi Baleno ditambahkan pemanas (heater), ini jadi nilai lebih yang menarik. Lalu pengatur posisi kemudinya, Brio RS hanya diberikan tilt (Atas-bawah), sedangkan Baleno disempurnakan dengan telescopic.

Tapi, perangkat multimedia mereka bisa dikatakan setara. Layar 7 inci yang bisa dipakai memutar radio, MP3, dan tersedia koneksi USB serta Bluetooth. Brio RS sendiri lebih kecil 6 inci. Tapi juga diperkuat pemutar CD/DVD. Konsumen jadi punya pilihan lebih luas untuk mengakses hiburan.

Hal yang sama berlaku pada fitur keamanan dan keselamatan. Sebenarnya ini cukup disayangkan bagi Baleno yang dibandrol lebih mahal dari Brio RS.

Fiturnya ada Anti-Lock Brake System (ABS), Electronic brake Distribution (EBD), Dual SRS Airbag, dan ISOFIX untuk menjaga keselamatan anak-anak, alarm, dan immobilizer. 

Mesin

Mesin

Kedua hatchback ini mengusung mesin dengan kapasitas yang berbeda. Brio RS memakai mesin 1.2L yang bertenaga 90 PS dan torsi 110 Nm. Sedangkan Baleno memakai mesin 1.4L dengan tenaga 92,4 PS dan torsi 130 Nm. Transmisi otomatis Brio memakai CVT, sedangkan Baleno memakai model konvensional. 

Pengalaman

Pengalaman

Soal rasa berkendara, Baleno bisa disebut lebih nyaman. Bantingan suspensinya lebih empuk. Tak seperti Brio RS yang kaku. Ini seperti menunjukkan bahwa Baleno memang ditujukan untuk pengendaraan yang santai. Sedangkan Brio RS menyuguhkan peforma berkendara lebih dinamis.

Sumber: OTO.com

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya