Tak Ingin Kena e-Tilang, Hindari 8 Pelanggaran Ini

Oleh Redaksi Otosia pada 03 Jul 2019, 22:45 WIB
Diperbarui 03 Jul 2019, 22:45 WIB
Rekaman kamera CCTV ETLE (Liputan6.com)
Rekaman kamera CCTV ETLE (Liputan6.com)

Otosia.com Sejak 1 Juli 2019 lalu Polda Metro Jaya telah menambahkan teknologi baru pada tilang elektronik atau E-TLE (electronic-traffic law enforcement). Dengan fitur ini, kamera CCTV dapat melihat ke dalam mobil.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Dedi Prasetyo menyampaikan, penambahan tersebut sebagai upaya untuk menindak berbagai pelanggaran lalu lintas.

Dedi menyebut, ada delapan pelanggaran yang menjadi fokus penindakan E-TLE tersebut. Pelanggaran-pelanggaran tersebut seperti, pelanggaran lampu lalu lintas, melawan arus, parkir sembarangan, dan lain sebagainya.

"Ada 8 yang menjadi fokus pelanggaran, tentang traffic light, kemudian pelanggaran melawan arus lalin, pelanggaran jalur Busway, kemudian tata cara parkir dan berhenti, kemudian pelanggaran rambu dan marka, pelanggaran yellow box junction, ada stop online, ada rambu larangan parkir, kemudian naik turun penumpang sembarangan, penggunaan helm dan berboncengan lebih dari satu orang itu terkontrol semua," ujar Dedi di Kantor Divisi Humas Polri, Jakarta Selatan, Selasa (2/7).

Dedi dalam Merdeka.com juga menambahkan, jika pelanggar terekam dalam kamera E-Tilang, maka akan muncul jumlah nominal dendanya di kolom denda yang bersangkutan. Selain itu, akan ada pula keterangan pelanggaran yang dilakukan.

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/crn)

8 Fokus ETLE

8 Fokus ETLE

Berikut 8 fokus pelanggaran tilang elektronik atau ETLE

1. Lampu lalu lintas

2. Melawan arus lalu lintas

3. Masuk jalur Busway

4. Tata cara parkir dan berhenti

5. Rambu lalu lintas dan marka jalan,

6. Yellow box junction

7. Naik turun penumpang sembarangan,

8. Penggunaan helm dan berboncengan lebih dari 1 orang

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya