Tenaga Renault Triber yang Rilis Juli di Indonesia Kalah Kuat dengan Kwid?

Oleh Redaksi Otosia pada 20 Jun 2019, 18:15 WIB
Diperbarui 20 Jun 2019, 18:15 WIB
Renault Triber versi India (Carscoops)
Renault Triber versi India (Carscoops)

Otosia.com Renault Triber resmi mengaspal  kemarin (19/6/2019) di New Delhi, India. Mobil pabrikan Prancis itu dipastikan juga akan dirilis di Indonesia, Juli 2019. 

Mengisi segmen LMPV, Renault Triber memiliki konfigurasi kursi 3-baris dan 7-penumpang. Platform mobil baru Triber ini menggunakan milik Renault Kwid, sehingga Triber diklaim memiliki kabin yang cukup luas. 

Sementara itu di pasar Indonesia, kemungkinan Triber tak jauh berbeda dengan yang dipasarkan di India. Kalaupun ada perubahan, diperkirakan hanya untuk  penyesuaiaan dengan pasar Tanah Air.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/tys)

Fitur

Fitur

Di pasar India, Trber ditawarkan dengan interior dual tone, sistem hiburan berlayar sentuh 8 inci. Layar sistem hiburan tersebut lebih besar daripada milik Renault Kwid, Lodgy, dan Duster, serta Captur. Sistem ini juga didukung dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto. 

Kabin nyaman Triber didukung baris kedua yang memiliki fleksibilitas tinggi. Kursi baris kedua bisa reclining dan memiliki fungsi split folding. 

Sedangkan baris ketiganya dilengkapi dengan ventilasi AC, armrest, dan soket charging. Kursi baris ketiga ini juga bisa dilipat untuk menambah kapasitas bagasi. 

Triber dibekali fitur keselamatan standar seperti dual airbags di depan, ABS, sensor parkir, dan sistem peringatan kecepatan. Sedangkan pada varian tinggi, ada tambahan fitur seperti kamera mundur dan tambahan dua airbag. 

Mesin

Mesin

Soal sistem mekanis, mesin Triber adalah pengembangan dari mesin Kwid, yakni 1.0L 3-silinder. Mesin ini menghasilkan tenaga 72 hp dan torsi puncak 96 Nm. Renault Clio dan Dacia Sandero juga memakai mesin yang sama.  

Hanya saja rasio mesin Triber disebut kalah kuat dengan Kwid. Bobot Triber lebih berat 200 kg ketimbang Kwid. Maka rasionya jadi 76 hp per ton, sedangkan Kwid memiliki rasio 97 hp per ton.  

Juli nanti, berbarengan dengan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019,  Triber diboyong ke Indonesia melalui PT Maxindo Renault Indonesia. 

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya