Diam-diam Daihatsu Siapkan Sirion Facelift

Oleh Redaksi Otosia pada 26 Okt 2021, 20:15 WIB
Diperbarui 26 Okt 2021, 20:15 WIB
Daihatsu Sirion (ADM)
Daihatsu Sirion (ADM)

Otosia.com Daihatsu Sirion menjadi salah satu produk yang kurang greget di segmen citry car di Indonesia. Mobil rakitan Malaysia ini terakhir menerima penyegaran ringan di tahun 2019.

Mobil tersebut hadir sebagai alternatif menarik dari Honda Brio RS. Meski dipatok harga lebih mahal, Sirion dibekali fitur yang lebih mumpuni dibanding Brio RS, membuatnya lebih value for money.

Kabar terbaru datang. Daihatsu Sirion digadang-gadang akan menerima perubahan yang membuat daya gedornya kian kuat.

 (kpl/dit)

NJKB Daihatsu Sirion facelift

NJKB Daihatsu Sirion facelift (Kemendagri)

Mengacu pada data Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Kemendagri, Daihatsu Sirion facelift ditemukan pada kategori "Minibus", nomor 31 dan 32.

Pada nomor 31, tertulis kode M804RS-GBDEMJ 1.3 X CVT dan di nomor 32 tercatat kode M804RS-GBNEMJ 1.3 R CVT. Kedua tulisan ini diketahui sebagai Sirion facelift karena kesamaan kode dengan Sirion yang dijual saat ini.

Sekadar informasi Sirion yang dijual saat ini tertera pada kategori yang sama di nomor 43 dan 44. Yang pertama tercatat nama model Sirion 1.3 A/T (M804RS-GQNEMJ) dan diikuti oleh Sirion 1.3 M/T (M804RS-GMNEMJ). Jika disamakan dengan kode di atas, model Sirion ini cukup mirip, terutama di bagian "M804RS".

Perubahan

Berdasarkan kode yang diduga kuat sebagai Sirion facelift, diketahui bahwa city car dari Daihatsu ini nantinya sudah tidak tersedia dalam transmisi manual. Sebagai gantinya setiap model menggunakan transmisi CVT.

Selain itu, karena perbedaan transmisi sudah dihilangkan, diketahui model Sirion facelift akan terbagi menajdi dua tipe. Pertama adalah tipe X dan kedua varian R. Jika mengacu pada model-model Daihatsu lainnya, kemungkinan besar tipe X menjadi varian entry level.

Next

Sementara model R diduga kuat sebagai tipe tertinggi. Artinya Sirion model ini akan disematkan lebih banyak fitur dan bisa jadi mempunyai tampilan yang berbeda.

Untuk harga, NJKB Sirion facelift model X nilainya Rp 156 juta, sedangkan tipe R Rp 163 juta. Sebagai komparasi Daihatsu Sirion A/T saat ini tercatat NJKB senilai Rp 155 juta dan dijual secara resmi dengan harga Rp 216,5 juta.

Perodua Myvi facelift

Siluet Perodua Myvi facelift (Facebook/@RiderAth)

Daihatsu berbasis dari city car buatan merek mobil Malaysia, yakni Perodua Myvi. Mobil tersebut diketahui juga akan mendapatkan facelift dalam waktu dekat, bahkan siluet bocoran mobil itu sempat tersebar.

Informasi mengenai bocoran Peodua Myvi pertama kali diunggah oleh akun Facebook RiderAth, Senin (28/6/2021). Mobil itu mendapatkan beberapa upgrade di bagian luar seperti bentuk bumper depan dan belakang baru.

Next

Karena versi Perodua, mobil ini sudah dilengkapi Advanced Safety Assist (ASA) 3.0. Dengan kata lain, Myvi facelift nanti akan dibekali peranti seperti Lane Departure Warning (LDW), Blind Spot Monitoring (BSM), dan Lane Keep Assist (LKA).

Apakah Sirion di Indonesia akan mendapatkan penambahan fitur yang sama? Menarik untuk ditunggu.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya