Tak Hanya yang Tercepat, Kini Google Maps Punya Fitur Rute Hemat BBM

Oleh Redaksi Otosia pada 09 Okt 2021, 21:15 WIB
Diperbarui 09 Okt 2021, 21:15 WIB
Ilustrasi Google Maps (Carscoops)
Ilustrasi Google Maps (Carscoops)

Otosia.com Dewasa ini Google Maps sudah menjadi layanan teknologi yang begitu dibutuhkan. Karena saking tergantungnya para pengendara dengan teknologi satu ini, Google pun terus melakukan inovasi.

Baru-baru ini Google telah meluncurkan fitur baru untuk Maps-nya. Kini Google Maps telah dilengkapi dengan fitur pencarian rute paling hemat bahan bakar, meskipun bukan yang tercepat.

 

 (kpl/ahm)

Turunkan Emisi Kendaraan

Dilansir dari Carscoops, Sabtu (9/10/2021), inovasi ini didasarkan pada Artificial intelligence (AI) dan pengalaman dari Departemen National Renewable Energy Laboratory (NREL) Amerika Serikat. Memungkinkan Google Maps menunjukkan rute paling ramah lingkungan kepada pengendara.

"Perutean ramah lingkungan Google Maps tidak hanya membawa teknologi hemat bahan bakar NREL dari lab ke jalan, tetapi juga memiliki potensi besar untuk menurunkan emisi secara signifikan dan menghemat uang pengemudi untuk bahan bakar—sesuatu yang baik bagi manusia dan planet ini," kata pihak NREL.

Next

Sementara itu, Google memperkirakan bahwa fitur baru ini mampu menghemat lebih dari satu juta ton emisi karbon per tahun. Artinya klaim ini setara dengan tak ada lebih dari 200 ribu mobil di jalan raya.

Pengendara bisa melihat perkiraan CO2 yang dihasilkan saat melewati rute yang dipilih. Sehingga para pengendara kendaraan bisa memilih antara rute paling efisien untuk konsumsi BBM atau memilih yang tercepat, tergantung prioritas mereka.

Sayangnya teknologi baru ini belum diluncurkan di seluruh negara. Pihak Google masih berencana akan meluncurkannya di Ameria Serikat dan Eropa. Untuk negara-negara lainnya akan menyusul di kemudian hari.

Rute Pesepeda

Tak hanya itu saja, Google juga telah meluncurkan fitur baru khusus untuk pesepeda. Google telah meluncurkan navigasi ringan yang akan memudahkan para pesepeda.

Memungkinkan menampilkan petunjuk paling penting tanpa harus melihat layar dan membuka kunci smartphone. Dengan begitu informasi penting akan tampil di layar utama. Sehingga pesepeda dapat menyimak rute tanpa harus masuk ke navigasi.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya