Toyota Siapkan Generasi Terbaru Vios dengan Sasis Daihatsu

Oleh Redaksi Otosia pada 01 Sep 2021, 08:15 WIB
Diperbarui 01 Sep 2021, 08:15 WIB
Toyota Vios di Indonesia (TAM)
Toyota Vios di Indonesia (TAM)

Otosia.com Toyota Vios merupakan model sedan termurah buatan PT Toyota Astra Motor (TAM). Vios yang beredar saat ini merupakan generasi ketiga (XP150). Sejak 2013 sampai tahun 2018 tidak banyak perubahan yang dilakukan Toyota terhadap Vios.

Praktis sejak 2018 sampai sekarang tidak ada penyegaran. Artinya selama 8 tahun hanya ada perubahan minor pada Vios. 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/dit)

Next

Namun dikabarkan Toyota sedang menyiapkan Vios baru. Bukan lagi facelift, melainkan Vios generasi berikutnya. Menurut paultan.org, Senin (30/8/2021), Vios terbaru sedang dalam tahap perkembangan dan diketahui akan mengusung sasis baru.

Jika saat ini Vios menggunakan sasis XP 150, maka penerusnya memakai kode D92A. Huruf awal dan terakhir pada kode tersebut menunjukkan adanya sasis baru dari Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Next

Hal ini cukup menarik karena Toyota juga mempunyai desain sasis sendiri dengan nama yang mirip, yakni Toyota New Global Architecture (TNGA).

Alasan pemilihan DNGA sebagai sasis Toyota Vios terbaru adalah penurunan berat mobil, peningkatan ketahanan sasis, serta penambahan fitur keselamatan.

Next

Selain itu DNGA merupakan platform yang bisa diaplikasikan untuk sistem hybrid. Bisa jadi Toyota Vios akan punya varian hybrid.

Toyota Vios terbaru dikabarkan akan mengaspal di Thailand pada bulan Agustus tahun 2022. Sementara untuk varian hybrid akan hadir pada bulan Agustus 2023.

Bagaimana dengan Indonesia? Menarik untuk ditunggu.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya