Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP, Mengaku Sedih Tak Bisa Raih Gelar ke-10

Oleh Redaksi Otosia pada 06 Agu 2021, 09:15 WIB
Diperbarui 06 Agu 2021, 09:15 WIB
Valentino Rossi (Instagram/@valeyellow46)
Valentino Rossi (Instagram/@valeyellow46)

Otosia.com Kabar mengejutkan datang dari dunia balap motor MotoGP. Pasalnya Valentino Rossi telah mengumumkan pengunduran dirinya alias pensiun dari MotoGP pada akhir musim ini.

Namun, pembalap berjuluk The Doctor ini mengaku sedikit bersedih karena tak bisa meraih gelar juara dunia ke-10. Terlebih lagi ia menjadi runner-up pada lima kesempatan berbeda.

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/ahm)

Next

Melansir Crash.net, dari lima kesempatan tersebut ia menyoroti kekalahannya di tangan Nicky Hayden pada tahun 2006. Selain itu yang paling menyakitkan dari semuanya adalah kekalahan dari rekan setimnya Jorge Lorenzo pada 2015.

"Saya sedikit sedih tidak memenangkan kejuaraan kesepuluh, terutama karena saya pikir saya pantas, untuk level dan kecepatan saya," katanya.

"Saya kalah dua kali di balapan terakhir. Jadi saya pikir saya pantas mendapatkan sepuluh," pungkasnya.

Next

Akan tetapi Rossi tak mau mengeluh terkait hasil kariernya selama berkiprah di MotoGP. Karena pada dasarnya pembalap 42 tahun ini memiliki sejarah mentereng di ajang MotoGP.

"Saya memiliki karir yang sangat panjang. Untungnya, saya memenangkan banyak balapan dengan beberapa momen, beberapa kemenangan yang tak terlupakan. Itu adalah kegembiraan yang murni. Setelah 10 hari saya masih menertawakan diri saya sendiri," jelasnya.

"Saya ingin mengatakan ada tiga kejuaraan yang paling penting dalam karir saya. Tahun 2001 ketika saya memenangkan 500 kejuaraan terakhir. 2004 ketika saya memenangkan tahun pertama bersama Yamaha. Dan juga 2008, karena sudah pada 2008, saya "tua dan selesai" karena setelah lima kejuaraan berturut-turut, saya kalah untuk dua tahun," imbuhnya.

Next

Sementara itu, sebenarnya The Doctor disarankan untuk bergabung di tim Ducati VR46 alias timnya sendiri pada 2022. Bahkan ia telah bernegosiasi dengan tim tersebut. Sayangnya Rossi menolak dan tetap memutuskan untuk pensiun.

"Jadi sangat menarik untuk balapan dengan tim saya. Tetapi pada akhirnya saya memutuskan untuk tidak melakukannya, karena beberapa alasan berbeda misalnya saya harus mengganti motor [dari Yamaha ke Ducati]," tegasnya.

"Saya pikir itu proyek yang bagus jika Anda memiliki dua atau tiga tahun. Tetapi jika Anda berpikir Anda hanya memiliki satu musim lagi, mungkin memiliki lebih banyak risiko daripada hal-hal baik. Jadi karena ini saya memutuskan untuk pensiun," imbuhnya lagi.

Next

Dengan pensiunnya Rossi, artinya Petronas Yamaha di musim depan belum memiliki rider. Mengingat Franco Morbidelli ditarik ke tim utama Yamaha musim depan.

Sejauh ini belum jelas siapa pengganti Rossi dan Morbidelli. Namun dari kabar yang ada, pembalap Moto2 Marco Bezzecchi dikaitkan erat dengan Petronas.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya