Nissan Z Sudah Diuji Jalan, Bakal Meluncur Akhir 2021?

Oleh Redaksi Otosia pada 27 Mei 2021, 17:15 WIB
Diperbarui 27 Mei 2021, 17:15 WIB
Nissan Z Proto (CarandDriver)
Nissan Z Proto (CarandDriver)

Otosia.com Prototipe dari Nissan Z telah diungkap pada September 2020. Dan kini mobil sport yang digadang-gadang akan menjadi penerus dari Nissan Fairlady Z ini telah diuji jalan.

Melansir Motor1, telah beredar bocoran Nissan Z saat diuji jalan di Colorado. Sayangnya mobil ini masih ditutupi kamuflase, sehingga detail tampilannya belum begitu terlihat.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/ahm)

Next

(c) Motor1.com

Jika melihat dari bentuk bodinya, Nissan Z yang diuji jalan ini tak jauh beda dengan prototipe-nya. Kesamaan ada di bagian belakang, yakni memakai spoiler berbentuk bibir dan di roda. Hanya saja untuk lampu depan tampaknya sedikit didesain ulang.

Saat meluncurkan prototipe Nissan Z, pihak Nissan berjanji bahwa versi produksi tak ada jauh berbeda. Namun yang pasti akan ada berbagai trim dan komponen untuk mendandani mobil sport ini.

Next

(c) Motor1.com

Selain desain retro, diduga mobil ini akan memakai mesin V6 3.0 liter twin-turbocharged. Tenaga yang dihasilkan mencapai 400 Hp.

Kabarnya Nissan Z akan dijual di bawah $35.000 atau sekitar Rp500 juta (Kurs $1=Rp14.309). Sementara itu, mobil ini akan disebut sebagai Nissan 400Z dan akan debut pada akhir 2021.

 

Next

(c) Car and Driver

Sebelumnya, pada September 2020 Nissan telah mengungkap prototipe dari mobil sport Z. Nissan pun sempat menyebut bahwa Nissan Z Proto terinpiransi dari sport car lawas Nissan Fairlady 240Z dan Nissan Fairlady 300ZX.

Aura kental para pendahulunya terlihat dari gril persegi panjang. Lampu utama Nissan Z Proto memang menggunakan LED, begitu pula dengan DRL, tapi masih berbentuk bulat agar terkesan retro. Tak lupa, hadirnya emblem "Z" klasik serta bentuk kaca samping yang khas.

Next

(c) Car and Driver

Sedangkan sektor belakangnya dihuni LED taillight yang melebar. Komponen tersebut dipadu dengan sepasang knalpot palsu yang mencuat, serta lgo klasik "Fairlady Z".

Bagian interiornya justru tampak modern dan nyaman, khas mobil masa kini. Konsol tengah Nissan Z Proto dibekali instrumen panel berukuran 12,3 inci dan head-unit touchscreen di dashboard. Emblem Nissan absen pada mobil ini dan digantikan logo Z.

Next

(c) Car and Driver

Sementara itu, sektor dapur pacunya dihuni mesin V6 3.000 cc twin-turbocharger. Hanya saja, masih belum ada informasi mengenai tenaga dan torsi yang dihasilkan. Menariknya, pihak Nissan menyebut bahwa mobil ini akan tetap memiliki transmisi manual 6-speed dan rem parkir konvensional.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya