Terungkap, Ini Deretan Komponen Motor Balap Honda yang Diuji Marc Marquez Cs di Jerez

Oleh Redaksi Otosia pada 07 Mei 2021, 19:45 WIB
Diperbarui 07 Mei 2021, 19:45 WIB
Tes MotoGP di Sirkuit Jerez (HRC)
Tes MotoGP di Sirkuit Jerez (HRC)

Otosia.com Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig mengatakan bahwa suku cadang untuk Honda RC213V akan segera tiba. Rupanya, suku cadang yang dimaksud Puig diuji coba saat tes IRTA, di Sirkuit Jerez, awal pekan ini.

Sepeda motor balap serba hitam yang dipakai oleh Pol Espargaro punt ampak banyak berubah. Perubahan-perubahan itu untuk dipakai pada motor tahun depan.

Dilansir dari Motogp.com, ada aerodinamis baru. Lima paket aerodinamis dipakai dalam pengujian itu. Paket aerodinamis itu pernah dipakai saat tes di Qatar awal tahun 2021.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/tys)

Next

Aerodinamis

Dua variasi aerodinamis itu pertama kali diluncurkan saat tes di Misano tahun lalu. Paket aerodinamis yang dipakai Honda pada 2018 lalu itu cukup baik dipakai oleh Alex Marquez.

Selain itu juga ada air intake baru. Komponen ini terasa masuk akal lantaran Honda juga menguji coba mesin baru. Air intake baru itu tampak terlihat mirip dengan milik Yamaha M1 saat beralih dari mesin 2019 ke 2020.

Next

Chassis

Pol Espargaro (Motogp.com)

Kemudian ada chassis baru. Tampak berkurangnya karbon pada balok utama. Chassis Honda saat ini memiliki ikatan karbon pada balok utama.

Chassis yang dipakai pada Honda RC213V 2021 memiliki ikatan karbon ke balok utama di sekitar bagian dekat lutut pembalap. Sedangkan chassis 2020 memiliki ikatan karbon di bagian lebih atas, yakni di sekitar area headstock.

Tepat di bawah emblem Honda di penutup tangki, terlihat ada dua lasan. pengelasan yang mengarah ke kiri secara diagonal itu adalah sesuatu yang baru, yang belum pernah terlihat pada HRC sebelumnya.

Next

Mesin dan Knalpot

Kemudian lokasi baut dudukan mesin yang berada di atas dan di abwah poros swingarm juga  merupakan hal baru. Lokasi baut ini berbeda dibandingkan dengan chassis 2021 dan 2020.

Semua komponen baru ini disebut tanda bahwa Honda sedang menguji mesin baru di Jerez, sama seperti Suzuki. Dengan ubahan titik dudukan mesin baru, hal itu akan emngubah keseimbangan motor.

Komponen terakhir yang terlihat baru di Jerez adalah knalpot yang lebih besar daripada yang ada pada RC213V saat ini. Ini menarik, pasalnya Honda sempat mengecilkan diameter ujung knalpot pada musim 2020. Jadi tampaknya Honda kembali menggunakan knalpot dengan diameter yang lebih besar.

Sumber: Motogp.com

Next

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya