Daihatsu Recall Ribuan Xenia, Terios dan Sirion, Ini yang Jadi Biang Keroknya

Oleh Redaksi Otosia pada 18 Mar 2021, 16:08 WIB
Diperbarui 18 Mar 2021, 16:08 WIB
Ilustrasi Terios (Otosia.com/Nazar Ray)
Ilustrasi Terios (Otosia.com/Nazar Ray)

Otosia.com PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan penarikan kembali (recall) terhadap tiga modelnya akibat terindetinfikasi adanya masalah pada motor fuel pump. Ketiga model yang terkena recall tersebut adalah Daihatsu Xenia, Terios dan Sirion.

Total ketiga model yang kena recall tersebut mencapai 97.290 unit. Rinciannya, 53.000 Great dan Grand new Xenia produksi Oktober 2017 sampai Juni 2019, lalu 41.000 All New Terios produksi Desember 2017 sampai Juni 2019, serta 2.892 All New Sirion produksi Januari 2018 sampai September 2019.

Menurut Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division ADM, keluhan terhadap ketiga model tersebut mulai dilaporkan konsumen sejak semester pertama tahun 2019. Saat itu Daihatsu menerima keluhan dari 24 konsumen.

 

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/nzr)

Next

Mayoritas konsumen mengeluhkan mesin mati tiba-tiba, lainnya adalah laju kendaraan tersendat, rpm tidak stabil dan indikator engine check menyala. Keluhan mesin mendadak mati terutama terjadi saat usai parkir dan ketika menunggu lampu merah. Pengguna ketiga model tersebut mengaku butuh 5-10 menit agar mesin menyala kembali.

"Costumer tiga model tersebut mengalami mesin mati dan sulit dihidupkan kembali, terutama saat kondisi parkir yang panas, atau menunggu lampu merah. Jadi kecepatan yang rendah dalam kondisi idle itu mesinnya mati dan sulit untuk dihidupkan. Perlu 5-10 menit untuk hidup kembali," terangnya.

 

 

Next

Dari hasil investigasi Daihatsu, penyebabnya adalah komponen impeller dalam fuel pump mengembang dari ukuran standar. Kepadatan impeller berubah dan mengembang melebihi standar, akhirnya melengkung.

"Jadi yang bermasalah bukan fuel pump-nya. Begini penjelasannya, pada tangki bahan bakar ada komponen fuel pump, di dalam ada motorrnya dan di dalamnya ada impeller. Yang bermasalah ternyata impeller-nya," ungkapnya.

Xenia punya masalah pada motor fuel pump

Next

Biang kerok masalah

Biang kerok persoalan tersebut terjadi sejak Daihatsu menggunakan sumber (vendor) komponen impeller lain pada tahun 2017 silam. Sebelumnya selama 16 tahun Daihatsu tidak menemui kasus kerusakan impeller pada ketiga model tersebut.

"Juni 2017 ada perubahan source bahan baku impeller, sehingga dengan proses produksi yang sama, sudah 16 tahun tidak masalah. Namun dengan bahan baku berbeda akibatnya kepadatan dari impeller berubah. Akibatnya ketika dipakai kondisinya panas, impeller dapat mengembang. Lalu touching dengan cover motor pump, akhirnya stag, tidak mengalirkan bahan bakar dari tangki ke ruang bakar," paparnya.

Daihatsu meminta konsumen yang mobilnya terdampak untuk segera melakukan pengantian komponen impeller secara gratis di bengkel-bengkel resmi Daihatsu di seluruh Indonesia. Seluruh proses penggantian komponen dan ongkos jasa gratis.

 

Next

Untuk lebih memudahkan proses penggantian, Daihatsu meminta konsumennya melakukan booking terlebih dulu. Perbaikan hanya hanya memakan waktu 2 jam.

"Kita sudah siapkan 160 bengkel di seluruh Indonesia, dari Aceh sampai Papua untuk dapat melakukan pemeriksaan dan penggatian motor pump," imbuh Bambang.

 

Next

Pemilik ketiga model Daihatsu tersebut dapat melakukan checking di website resmi Daihatsu Indonesia dengan memasukkan nomor sasis untuk mengetahui unit yang dipakai apakah masuk atau tidak dalam program perbaikan kembali.

"Nanti akan ketahuan bahwa unit yang dipunya pelanggan masuk atau tidak. Bisa juga menghubungi Daihatsu Akses 1500898, atau internal kami akan menghubungi setiap pelanggan untuk melakukan konfirmasi terkait kondisi kendaraan yang terkena suspect," pungkasnya.

Next

Pemilik ketiga model Daihatsu tersebut dapat melakukan checking di website resmi Daihatsu Indonesia dengan memasukkan nomor sasis untuk mengetahui unit yang dipakai apakah masuk atau tidak dalam program perbaikan kembali.

"Nanti akan ketahuan bahwa unit yang dipunya pelanggan masuk atau tidak. Bisa juga menghubungi Daihatsu Akses 1500898, atau interal kami akan menghubungi setiap pelanggan untuk melakukan konfirmasi terkait kondisi kendaraan yang terkena suspect," pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Berita Terkini Selengkapnya