Gaikindo: Pajak 0 Persen Jadi Angin Segar Bagi Industri Otomotif Indonesia

Oleh Redaksi Otosia pada 03 Mar 2021, 09:15 WIB
Diperbarui 03 Mar 2021, 09:15 WIB
Pameran otomotif IIMS (Otosia.com/ Nazar Ray)
Pameran otomotif IIMS (Otosia.com/ Nazar Ray)

Otosia.com Berbagai pabrikan menyambut baik relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang berlaku sejak Senin lalu (1/3). Total, ada 21 model dari 7 agen pemegang merek (APM) yang berbeda.

Respon serupa pun dilontarkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) selaku organisasi yang menaungi pelaku industri otomotif Indonesia. Kebijakan pajak 0 persen ini dinilai bisa memberi angin segar bagi pabrikan di Tanah Air.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/crn)

Next

"Kami sangat antusias menyambut kebijakan relaksasi PPnBM yang dikeluarkan Pemerintah, karena kami yakin kebijakan tersebut akan memberikan napas baru bagi industri otomotif yang belakangan ini mengalami tahun yang berat," ujar Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo melalui keterangan resminya.

"Kami sangat berharap sesegera mungkin industri kendaraan bermotor di Indonesia bisa pulih kembali, yang dapat ditandai dengan membaiknya penjualan kendaraan bermotor di Indonesia," tambahnya.

Next

Yohannes pun menyebut bahwa kebijakan ini diharapkan bisa membantu bangkitnya ekosistem industri otomotif di Indonesia. Pasalnya, selama pandemi, penualan kendaraan bermotor roda 4 atau lebih turun signifikan, dari biasanya 90-100 ribu unit per bulan, menjadi 3.700 unit pada Mei 2020 kemarin.

Dengan diberlakukannya kebijakan pajak 0 persen sejak 1 Maret 2021 maka seluruh mata rantai industri kendaraan bermotor berupaya agar pemulihannya bisa dipercepat. Harapannya, penjualan kendaraan bermotor bisa naik menjadi 70-80 ribu unit per bulan di tahun ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya