Mengintip MG ZS EV, Calon Mobil Listrik Murah di Indonesia

Oleh Redaksi Otosia pada 02 Feb 2021, 18:45 WIB
Diperbarui 02 Feb 2021, 18:45 WIB
Mobil listrik MG ZS EV (MG Motor)
Mobil listrik MG ZS EV (MG Motor)

Otosia.com Penghuni segmen mobil listrik di Indonesia tampaknya akan semakin ramai. Pasalnya, MG Motor Indonesia mulai menyebar teaser terkait kendaraan ramah lingkungannya, yakni MG ZS EV.

Sebenarnya, MG ZS EV bukanlah produk yang benar-benar baru. Mobil SUV bertenaga baterai ini telah lebih dulu meluncur di Inggris, India, dan Thailand, serta berhasil meraih kesuksesan.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/crn)

Next

Rumornya, MG ZS EV akan dirilis di Indonesia dalam waktu dekat. Pasalnya, mobil listrik itu sudah tiba di Tanah Air untuk melakoni uji tipe. Menariknya lagi, SUV ramah lingkungan tersebut isunya dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau. Lantas, apa saja yang ditawarkan?

Secara fisik tak ada perbedaan yang signifikan antara MG ZS EV dengan MG ZS bensin versi Indonesia. Sektor depannya memiliki LED DRL dan projector-headlight yang mengapit gril besar. Hanya saja, di bagian bawah tak terdapat foglamp.

Next

Untuk memperkental tampilannya sebagai mobil listrik, MG ZS EV memiliki logo yang bisa menyala biru ketika mengisi ulang daya baterai. Selain itu, desain peleknya juga berbeda dengan bilah mirip baling-baling kincir angin Belanda.

Interior pun masih sama, memiliki konfigurasi bangku 2 baris berkapasitas 5 penumpang dan panoramic-sunroof yang membuat kabin menjadi lebih lega. Namun, ada yang berbeda pada instrumen panelnya.

Next

Pada MG ZS EV, lingkar instrumen panel sebelah kanan tidak menunjukkan putaran mesin. Komponen tersebut justru menampilkan daya yang dikeluarkan baterai saat mobil melaju, serta kapasitas yang tersisa.

Pembeda lain ialah hadirnya fitur KERS (Kinetic Energy Recovery System) 3 Level. Seperti namanya, sistem ini mampu mengoptimalkan proses pengubahan tenaga yang terbuang saat pengereman untuk mengisi ulang daya baterainya.

Next

MG ZS EV pun lebih kaya fitur. Mobil SUV listrik ini memiliki Electric Parking Brake (EPB), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Rain Sensing Front Wipers, cruise-control, electronic gear-shift knob, voice-command, dan head-unit yang terhubung ke internet.

Terlahir sebagai mobil listrik, MG ZS EV dibekali baterai 44,5 kWh yang menyokong motor bertenaga 143 ps dan torsi 353 Nm. Jarak tempuhnya bisa mencapai 340 km dengan durasi pengisian daya 0-80% hanya dalam 43 menit.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya