Toyota Kembali jadi Merek Mobil Terlaris di Dunia

Oleh Redaksi Otosia pada 29 Jan 2021, 18:45 WIB
Diperbarui 29 Jan 2021, 18:45 WIB
Toyota RAV4 (Toyota)
Toyota RAV4 (Toyota)

Otosia.com Tahun 2020 jelas menjadi tahun yang sulit bagi hampir semua pabrikan otomotif. Permintaan konsumen secara global disebut turun karena pandemi COVID-19.

Tapi momen itu membuat raksasa Jepang , Toyota, berhasil kembali menjadi merek terlaris di Dunia. Dilansir dari Autoevolution, Tesla memang menjadi merek dengan valuasi tinggi sejak awal tahun lalu. Tapi juara di tahun 2020 adalah Toyota yang akhirnya bisa merebut kembali predikat terlaris tersebut sejak lima tahun terakhir.

Menurut Reuters, pencapaian Toyota bahkan bisa melampau Volkswagen. Itu karena pabrikan asal Jerman itu sangat terpengaruh COVID-19.

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/tys)

Next

(c) Toyota

Tercatat, penurunan VW mencpaai 15,2 persen menjadi 9,30 juta kendaraan. Sedangkan penjualan global Toyota hanya turun 11,3 persen, menjadi 9,52 juta kendaraan.

Salah satu mengapa Toyota masih bisa bertahan adalah lantaran COVID-19 memberikan dampak luar biasa dibandingkan dengan dampak yang dirasakan di Eropa dan Amerika Serikat. "Fomus kami bukan pada peringkat kami, tetapi pad amelayani pelanggan kami," kata juru bicara Toyota.

Selain itu, hampir semua pabrikan mobil juga kini beralih fokus kepada kendaraan listrik. Toyota misalnya, berhasil menjual 3 persen mobil listrik lebih banyak daripada tahun 2019.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya