Kia Berencana Buat MPV Pesaing Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander

Oleh Redaksi Otosia pada 07 Jan 2021, 20:15 WIB
Diperbarui 07 Jan 2021, 20:15 WIB
Rencana Kia hadirkan MPV (Autoindustriya)
Rencana Kia hadirkan MPV (Autoindustriya)

Otosia.com Hampir semua pabrikan mobil memiliki produk dengan kapasitas 7-penumpang. Rata-rata produk itu dibuat dengan ukuran yang compact dan dijual dengan harga relatif terjangkau.

Tak hanya SUV, mobil 7-penumpang itu juga ada pada mobil MPV. Dengan begitu, mobil keluarga itu bisa mengangkut cukup banyak penumpang.

MPV pun semakin diminati, meski tren saat ini adalah SUV. Sehingga hampir semua pabrikan tak mau absen untuk mengisi ceruk MPV itu.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/tys)

Next

Sebut saja, Honda dengan Mobilio, Mitsubishi punya Xpander, Suzuki punya Ertiga, dan yang paling tangguh bersaing adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Tapi Hyundai dan Kia belum banyak bermain di segmen ini. Di Indonesia, Kia baru punya Grand Sedona sebagai MPV. Tapi Grand Sedona pun terlalu tinggi levelnya jika harus bersaing dengan Avanza dkk.

Sedangkan Hyundai di Indonesia juga tak bermain di segmen yang sama dengan Avanza dan Xpander dkk. Baru-baru ini Kia disebut ingin memproduksi MPV yang akan menjadi penantang berat Mitsubishi Xpander.

Next

Hyundai Staria konsep (Carblogindia.com)

Dilansir dari Autoindustriya, sebuah dokumen yang bocor secara online menunjukkan timeline produk baru Kia 2021 hingga 2022. Dalam dokumen tersebut ada MPV yang dijadwalkan meluncur pada Januari 2022.

Kia menyebut MPV itu adalah model untuk pasar India, sehingga bisa dipastikan mobil tersebut juga akan diproduksi di India. Hanya saja, kemungkinan MPV itu tidak eksklusif hanya untuk India, bisa saja dijual di negara-negara Asia lain.

Mengingat, dalam dokumen tersebut bahwa Kia berencana mengekspor 26.000 unit per tahun di pasar di luar India. Bocornya dokumen itu kemudian menimbulkan spekulasi bahwa MPV pabrikan Korea Selatan itu bisa jadi adalah Kia KY yang menggunakan platform yang sama dengan Hyundai Staria. Spekulasi lainnya adalah bahwa Kia KY bisa saja dirakit di Indonesia juga selain di India.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya