Kenapa Mobil Baru Harus Servis Setelah 1.000 Km Pertama?

Oleh Redaksi Otosia pada 28 Des 2020, 08:15 WIB
Diperbarui 28 Des 2020, 08:15 WIB
Honda Brio (Honda)
Honda Brio (Honda)

Otosia.com Berbagai pabrikan selalu menganjurkan pada pemilik mobil baru untuk melakukan servis perdana setelah kendaraannya mencapai 1.000 km. Tentu mereka memiliki alasan tertentu sebelum memberi saran tersebut.

Mengutip dari akun Instagram resmi PT Honda Prospect Motor (HPM), alasan mobil baru harus servis setelah 1.000 km pertama ialah untuk memastikan kondisi kendaraan masih berfungsi secara optimal.

Selain itu, mekanik juga bisa memastikan kenyamanan dan keamanan berkendara selalu terjaga. Jarak 1.000 km dirasa sudah cukup untuk mengetahui kemampuan mobil saat digunakan oleh pengemudi dengan gaya berkendaranya, serta jalur yang dilewati.

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/crn)

Next

Setidaknya, ada 21 komponen yang diperiksa oleh mekanik saat servis 1.000 km pertama, mulai dari kaki-kaki, transmisi, penggerak, pengereman, hingga sistem pembuangan. Meski demikian, dipastikan tidak ada penggantian fluida atau pun oli.

Setiap komponen memiliki durasi pakainya masing-masing dan akan diganti setelah batasnya atau dirasa tidak bisa berfungsi dengan optimal. Jika Otolovers ragu-ragu, lebih baik melakukan pengecekan di bengkel resmi.

Menariknya lagi, jaringan bengkel mobil Honda menggratiskan biaya jasa pemeriksaan dengan syarat tertentu. Selain itu, servis di bengkel resmi juga bisa membuat harga jual kembali tetap terjaga.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya