Review: Gaya Baru Honda Scoopy, Makin Lincah dan Irit

Oleh Redaksi Otosia pada 13 Nov 2020, 07:15 WIB
Diperbarui 13 Nov 2020, 07:15 WIB
All-new Honda Scoopy (Otosia.com/ Cornelius Candra)
All-new Honda Scoopy (Otosia.com/ Cornelius Candra)

Otosia.com PT Astra Honda Motor (AHM) pada Selasa lalu (10/11) telah merilis secara resmi all-new Honda Scoopy. Skuter matik (skutik) bergaya retro ini tampil lebih imut dan dibekali beberapa fitur baru.

Kamis kemarin (12/11), redaksi Otosia pun berkesempatan untuk menjajal langsung all-new Honda Scoopy di Astra Honda Safety Riding & Training Center (AHSRTC), fasilitas AHM di Kawasan Industri Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/crn)

Next

Benar saja, ada perubahan di pengalaman berkendara all-new Honda Scoopy. Salah satu faktor utama yang berpengaruh ialah penggunaan sasis baru berteknologi eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame). Sebelumnya, model rangka ini sudah digunakan pada Honda Beat dan Honda Genio.

Berkat sasis eSAF, Honda Scoopy semakin mudah dikendalikan. Skutik ini terasa lincah ketika melibas tikungan berulang dengan kecepatan relatif tinggi. Pengendaliannya yang solid juga didukung radius putar yang dalam, sehingga bisa dengan mudah putar balik di tempat sempit.

Next

All-new Honda Scoopy dibekali velg 12 inci dengan ban depan berukuran 100/90-12 dan 110/90-12 di belakang. Sebenarnya, konfigurasi tersebut sudah diterapkan di model sebelumnya. Tapi, performa dari kaki-kaki tersebut mampu mendukung sasis eSAF sehingga mempermudah manuvernya.

Selain sasis baru, all-new Honda Scoopy juga mendapat penambahan fitur, yakni Honda Smart Key atau keyless. Sistem ini sebenarnya diadopsi dari Honda Vario 150. Hanya saja, hadirnya teknologi tersebut memperkuat kesan modern, serta membuat pemiliknya merasa lebih aman.

Next

Power-socket pengisian daya smartphone kini juga sudah menggunakan USB. Hal ini membuat pengguna all-new Honda Scoopy tidak perlu membeli adaptor. Selain itu, tangki bahan bakar skutik mungil bergaya retro tersebut juga membesar, meski tak signifikan, dari 4 liter menjadi 4,2 liter.

Tentu jarak yang bisa ditempuh bisa semakin jauh. Terlebih, pabrikan berlogo sayap itu menyematkan mesin 110cc SOHC air-cooled baru bertenaga 9 PS dan torsinya mencapai 9,3 Nm. Dapur pacu ini diklaim lebih irit dari generasi sebelumnya dengan efisiensi bahan bakar hingga 59 km/liter. Tapi, akselerasinya bisa dibilang tidak terlalu agresif dan cocok digunakan di jalanan perkotaan.

Next

Saat ini, all-new Honda Scoopy tersedia dalam 4 tipe. Untuk varian Sporty dan Fashion masih menggunakan kunci konvensional, sedangkan model Stylish dan Prestige sudah dibekali sistem Smart Key. Total, ada 8 pilihan warna yang bisa dipilih sesuai selera Otolovers.

Jadi, dengan harga all-new Honda Scoopy yang mencapai Rp19,95 juta untuk tipe non-keyless dan keyless Rp20,75 juta (OTR Jakarta), serta segala penambahan fitur di dalamnya, skutik ini patut diperhitungkan. Terlebih, hadirnya sasis eSAF membuat motor tersebut semakin menyenangkan untuk dikendarai.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya