Pabrikan Mobil Nasional Vietnam Beli Fasilitas Milik GM di Australia, Indonesia Masih Gini-Gini Aja

Oleh Redaksi Otosia pada 18 Sep 2020, 14:15 WIB
Diperbarui 18 Sep 2020, 14:15 WIB
VinFast (Zing.vin)
VinFast (Zing.vin)

Otosia.com Pabrikan mobil nasional Vietnam, VinFast menunjukkan progres yang cepat. Usai merilis tiga model yang diproduksi di Hai Phong, kini mereka mengabarkan sesuatu yang cukup mengejutkan.

Di pabrik Hoi Phong, setidaknya sudah ada tiga model yang diproduksi. Yakni Lux A2.0 sedan berbasis BMW 5-Series F10, Lux SA2.0 SUV berbasis BMW 5-Series F15, dan VinFast Fadil yang merupakan model rebadge dari Opel Karl. Kini pabrikan ini sedang mengembangkan SUV listrik yang akan dipakai menembus pasar Amerika Serikat.

Dilansir dari Carscoops, VinFast diketahui sedang melakukan ekspansi ke pasar Amerika Serikat mulai tahun 2021. Selain itu, VinFast juga kini membeli Proving Ground Lang Lang di Victoria, Australia.

Perlu diketahui fasilitas Proving Ground Lang Lang itu sebelumnya adalah milik GM Holden. VinFast dan GM Holden melakukan kesepakatan itu tak hanya soal fasilitas seluas 872 hektar, tapi juga soal karyawan yang dipekerjakan kembali.

 

 (kpl/tys)

Next

Proving Ground Lang Lang itu akan dipakai untuk penelitian dan pengembangan otomotif global. Lang Lang sendiri merupakan salah satu pusat pengujian mobil tertua dan paling modern di dunia, yang sudah di-upgrade pada 2018 lalu.

"Saat ini, penelitian dan pengembangan produk VinFast maju pesat. Oleh karena itu, memiliki pusat pengujian modern seperti Lang Lang sangat membantu kegiatan kami. banyak karyawan VinFast saat ini direkrut dari Holden dan mereka semua sangat senang untuk terus bekerja di sini," ungkap VinFast Institute of Automotive Technlogy 2 R&D Center di Melboune, Kevin Yardley.

Di Lang Lang, jalur pengujian beraspal dan tidak beraspal memiliki panjang 44 kilometer. Selain itu juga ada jalur pengujian semua jenis medan, skid pan berdiameter 100 meter, serta ada high-speed circular trek sepanjang 4,7 kilometer.

Next

Selain fasilitas pengujian di luar ruangan, Lang Lang juta memiliki laboratorium emisi baru yang diklaim sudah memenuhi standar paling ketat dari pusat pengujian kelas dunia.VinFast tidak mengatakan berapa nominal yang mereka keluarkan untuk membeli fasilitas itu.

Dengan membeli fasilitas ini, VinFast juga berkomitmen untuk perlindungan berkelanjutan untuk lingkungan sekitar. VinFast juga tetap akan memberi akses kepada klub mobil Holden.

"Selama lima tahun terakhir, GM telah berinvestasi di laboratorium dan jalur di lokasi tersebut, yang sekarang akan dimanfaatkan dengan baik oleh pemilik barunya. Dalam kesepaktan itu, tak hanya soal nilai jual yang adil, tapi juga fasilitas siap pakai untuk kebutuhan VinFast, pekerjaan berkelanjutan untuk karyawan Holden yang diberhentikan dan pelestarian fasilitas bagi masyarakat," kata GM Holden Interim Chairman and Managing Director, Kristian Aquilina.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya