Ketahui 6 Jenis Baut yang Kerap Digunakan untuk Mobil dan Motor

Oleh Redaksi Otosia pada 15 Agu 2020, 08:15 WIB
Diperbarui 15 Agu 2020, 08:15 WIB
Baut di roda mobil (fleetnews.co.uk)
Baut di roda mobil (fleetnews.co.uk)

Otosia.com Industri otomotif, baik motor atau mobil tak akan bisa lepas dari baut. Barang kecil ini perannya pun cukup vital, jika kendor atau lepas maka performa kendaraan bisa menurun. Paling tidak bakal membuat pengemudi tidak nyaman saat berkendara.

Baut sendiri akan selalu berpasangan dengan mur dan biasanya diciptakan memang berpasang-pasangan. Jika baut dimasukkan ke lubang lainnya, terkadang malah longgar atau tidak muat. Sehingga membutuhkan mur untuk mengencangkannya atau mengunci baut.

Dalam penerapannya di sepeda motor atau mobil, baut berfungsi untuk menyambungkan atau menyatukan beberapa komponen menjadi satu. Sehingga komponen-komponen tersebut bisa berfungsi sebagai mana mestinya.

Otolovers pasti akan menemukan baut di beberapa bagian motor atau mobil, seperti di bodi, mesin, hingga kaki-kaki. Nah, agar penggunaannya tak salah, Otolovers wajib untuk mengetahui jenis-jenis baut. Berikut ini ulasannya yang dilansir dari berbagai sumber.

Video Paling Viral saat Ini
 (kpl/ahm)

Next

Perbedaan Baut dengan Sekrup

Pixabay

Sebelum menyinggung soal baut, ada baiknya Otolovers juga mengetahui perbedaan baut dengan sekrup. Sebenarnya fungsinya sama, yakni menyatukan antar komponen motor atau mobil. Namun, kedua barang kecil ini mempunyai perbedaan mendasar, berikut ulasan lengkapnya.

Pertama, beda ulir. Baut mempunyai ulir yang tidak penuh atau tak sampai kepala baut. Sedangkan sekrup kebalikannya, atau memiliki ulir sampai ke kepala sekrup.

Kedua, bentuk kepala. Perbedaan mendasar lainnya adalah terkait kepada. Baut memiliki kepala yang mengharuskan memakai kunci untuk memutarkannya. Sedangkan sekrup menggunakan obeng dalam penggunaannya.

Ketiga, mur. Biasanya baut memiliki pasangan, yakni mur untuk menguatkannya. Sedangkan sekrup tidak memakai benda kecil tersebut.

Next

Jenis Baut untuk Motor dan Mobil

Pixabay

Nah, setelah mengetahui perbedaan baut dengan sekrup, Otolovers wajib untuk mengetahui jenis-jenis baut. Agar nantinya dalam penggunaannya tak salah pilih. Berikut ini 6 jenis baut yang kerap dipakai untuk motor dan mobil.

Baut di Bodi

Otolovers mempunyai mobil, tentu tidak akan menemukan baut di sekitar bumper, baik di posisi depan atau belakang. Selain itu, pemilik mobil juga akan menemukan baut di sekeliling bodi motor atau kendaraan roda empat.

Next

Baut Flange

Kemudian ada juga baut flange. Barang kecil ini kerap digunakan di mesin bagian dalam sepeda motor ataupun mobil. Fungsinya sendiri sebagai peredam agar tidak mudah longgar atau terlepas.

Material baut flange terbuat dari baja hitam yang bersifat tahan lama. Bentuknya sendiri mempunyai kepala berbentuk hexagonal atau segi enam.

Next

Baut Roda

Di bagian roda kendaraan pasti Otolovers juga akan menemukan baut. Jika di mobil, maka bakal ditemukan sekitar 4 baut sekaligus. Fungsinya sendiri adalah untuk menahan beban pada roda, sehingga saat berputar tidak mudah lepas.

Next

Baut Tipe L

Baut yang sering digunakan untuk motor dan mobil adalah tipe L. Terkadang dipakai untuk memasang aksesoris kendaraan. Contohnya sendiri adalah di over fender, engsel pintu, dan lain sebagainya.

Next

Baut Tanam atau Stud Bolt

Ada juga baut tanam atau stud bolt yang merupakan jenis baut yang tidak memiliki kepada di kedua sisi ujungnya. Biasanya baut model ini hanya berbentuk ulir. Untuk penggunannya sendiri, baut tanam sering digunakan di mesin kendaraan, suku cadang, dan lain sebagainya.

Next

Baut Plastic Region

Selain baut tanam, bagian mesin kendaraan juga sering menggunakan baut plastic region. Hal ini karena baut ini bersifat tahan lama dan kuat, serta mampu menahan tekanan atau tegangan saat kendaraan dikendarai.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya