Toyota Corolla Cross Tanpa TSS di Indonesia, Ini Alasannya

Oleh Redaksi Otosia pada 07 Agu 2020, 19:15 WIB
Diperbarui 07 Agu 2020, 19:15 WIB
Toyota Corolla Cross (Toyota Indonesia)
Toyota Corolla Cross (Toyota Indonesia)

Otosia.com Setelah Thailand dan Vietnam, Toyota Corolla Cross akhirnya meluncur di Indonesia. Sayangnya, mobil baru itu tak dilengkapi dengan seperangkat fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS).

"Absennya TSS bukan semata-mata mengenai pertimbangan harga. Tapi, tidak bisa dipungkiri juga kalau TSS itu digunakan, harga Toyota Corolla Cross akan cenderung lebih tinggi," terang Anton Jimmy Suwandi, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM).

"Ini lebih didasari tingkat kebutuhan masyarakat (terhadap TSS). Jadi sampai sekarang belum bisa dipastikan apakah fitur ini sudah dibutuhkan di Indonesia. Itu yang sampai saat ini masih kami teliti di pasar," tambah Anton.

 

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/crn)

Next

Sekadar informasi, TSS berisi bergam fitur menarik yang membuat mobil semakin cerdas. Hadirnya radar dan sejumlah sensor bisa membuatnya menjadi kendaraan semi otonom, berkat teknologi Lane Departure Alert (LTA) with steering-assist dan Dynamic Radar Cruise Control.

Sebelumnya, seperangkat fitur canggih TSS ini sudah disematkan pada beberapa mobil Toyota di Indonesia, yaitu Toyota Alphard dan Toyota Corolla Altis Hybrid. Tapi, tak menutup kemungkinan teknologi canggih tersebut juga akan dibenamkan pada produk lain.

Meski demikian, Toyota Corolla Cross di Indonesia masih dibekali dengan beberapa fitur keselamatan, seperti Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Emergency Braking Signal, kamera parkir, dan airbag 7 titik.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya