3 Cara Charge Hadphone di Motor yang Tak Sebabkan Aki Cepat Soak

Oleh Redaksi Otosia pada 25 Jul 2020, 19:45 WIB
Diperbarui 25 Jul 2020, 19:45 WIB
Fitur charger motor (Federal Oil)
Fitur charger motor (Federal Oil)

Otosia.com Sepeda motor kekinian saat ini banyak yang dibekali dengan fitur untuk menambah daya baterai handphone. Bermacam-macam, ada yang dilokasikan di bagian depan dan ada juga yang di bagasi motor.

Colokan charge handphne itu memanfaatkan energi hadi aki sebagai energi listrik utama. Ha itu tentu memengaruhi ketersediaan aki pada motor sehingga perlu diperhatikan beberapa hal yang mungkin bisa membuat aki boros.

Jika aki soak, maka performa motor pun ada yang kurang. Seperti, klakson yang mengeluarkan suara serak dan tidak nyaring.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/tys)

Next

Selain itu, sepeda motor juga akan susah dinyalakan jika aki mulai soak. Maka itu, perhatikan baik-baik cara memanfaatkan fitur tersebut.

Dilansir dari Suzuki Indonesia, ada tiga cara agar Otolovers bisa menggunakan fitur tersebut tetapi tidak menyebabkan aki mudah soak.

1. Tidak Terlalu Sering Pakai Fitur Charge di Motor

Ada baiknya menggunakan fitur charge di motor saat kondisi mendesak saja. Jika terlalu sering menggunakan fitur tersebut, bisa mempercepat aki menjadi tekor hingga soak. Hal itu karena konsumsi daya yang terlalus ering bisa melibihi kemampuan fitur dan kapasitas aliran listrik pada motor.

Next

2. Charge Hp saat Motor Sudah Menyala

Sumber energi listrik yang didapat ketika motor diam adalah dari aki. Hal tersebut tentu saja membuat konsumsi terhadap energi aki menjadi lebih tinggi. Maka, ada baiknya jika charge Hp saat motor sedang menyala atau sedang dikendarai.

Pasalnya, sumber energi lain ketika motor menyala bisa diperoleh dari aktivitas bahan bakar motor. hal ini tentu bisa mengurangi daya konsumsi aki yang berlebih ketika charging hp dilakukan.

Next

3. Tidak Mengoperasikan Hp Ketika Charging

Pengisian daya akan lebih maksimal jika handphone tidak melulu dioperasikan ketika sedang diisi daya. Hal tersebut juga berlaku ketika mengisi baterai di rumah atau di motor.

Selain itu mengoperasikan handphone ketika berkendara juga tidak dianjurkan. Itu adalah pelanggaran lalu lintas dan bisa membahayakan keselamatan di jalan.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya